JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri Bakal Dilengkapi Green Belt, Rencananya Ditanami Pohon Buah untuk Warga Sekitar

Progres pembangunan Waduk Pidekso Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri pada sekelilingnya telah dijadikan green belt atau sabuk hijau.

Nah, pada waduk yang kini tengah menanti peresmian, juga bakal dilengkapi green belt. Waduk tersebut adalah Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri.

Rencananya green belt melingkari waduk. Sesuai namanya, sabuk melingkar itu berupa tanaman hijau.

Salah satu fungsinya adalah pengendali sedimentasi. Selain itu menambah keindahan waduk sekaligus pembatas waduk

Namun di Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri nantinya tidak sekedar tanaman hijau. Rencananya akan ditanami pohon buah-buahan yang hasilnya bisa dinikmati masyarakat setempat.

Project Manager PT PP Waduk Pidekso, Nur Eko mengungkapkan rencana tersebut kepada wartawan baru-baru ini. Tanaman buah-buahan di green belt Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri akan dikelola kelompok-kelompok masyarakat.

Baca Juga :  Jumlah Rumah Tidak Layak Huni atau RTLH di Wonogiri Tembus 14 Ribu Unit, Bagaimana Cara Menanganinya?

“Agar bisa dimanfaatkan masyarakat,” ungkap dia.

Untuk pemanfaatan tanaman bakal dibentuk kelompok warga. Merekalah yang berhak mengelola sekaligus merawat tanaman produktif itu.

Di samping itu, sekeliling jalan dekat green belt bisa dimanfaatkan untuk penambah penghasilan warga. Yakni dengan mendirikan warung, kerajinan, pusat oleh-oleh dan usaha menjanjikan lainnya.

Sementara itu, Waduk Pidekso saat ini masih dalam proses penggenangan atau pengisian air. Tinggi muka air (elevasi) pada Rabu lalu (24/11) sudah mencapai 174,5 meter dari permukaan laut (mdpl). Adapun elevasi tertinggi apabila waduk sudah penuh mencapai 185 meter mdpl.

Baca Juga :  Bocah 7 Tahun Tewas Bermain Ranting Daun Singkong, Terjadi di Jetis Kidul Desa Bero Manyaran Wonogiri

Di sisi lain, sekeliling Waduk Pidekso juga sedang dibangun jalan lingkar relokasi. Jalan lingkar relokasi itu untuk memberikan akses baru kepada masyarakat sekitar waduk. Pasalnya, sebagian jalan yang lama akan terendam Waduk Pidekso.

Total panjang jalan lingkar tersebut mencapai 13,3 kilometer. Terbagi atas jalan lingkar kiri sepanjang 2,8 kilometer dan jalan lingkar kanan sepanjang 10,5 kilometer. Jalan lingkar kiri melewati Desa Sendangsari, sedangkan jalan lingkar kanan melalui Desa Pidekso.

Proyek pembangunan Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri mulai dikerjakan sejak 2018 dengan total dana sekitar Rp 700 miliar. Semula, pembangunan waduk ditargetkan selesai pada Desember 2022. Namun, targetnya dipercepat menjadi Desember 2021. Aris

Bagi Halaman