JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Wali Kota Bukittinggi Kunjungi Solo, Gibran: Di Bukittinggi Akan Ada Kampung Batik

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menerima kehadiran Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar yang mulai menjajaki kerjasama antar kedua kota, Senin (15/11/2021), di Balaikota Solo. Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat menjalin kerjasama dalam produksi batik dengan Pemkot Solo. Tidak hanya itu, bakal ada kampung batik juga di Kota Bukittinggi.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menerima kehadiran Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar yang mulai menjajaki kerjasama antar kedua kota, Senin (15/11/2021), di Balaikota Solo. Kedatangan Erman dalam rangka kerjasama di bidang produksi batik serta pemasarannya.

“Terima kasih sekali, Solo sudah dipercaya untuk dijadikan role model kerajinan batik. Beliau ingin mempelajari proses pembuatan batik dan kami akan mendatangkan pengusaha serta seniman batik dari Solo. Transfer knowledge, kami bisa saling sharing ilmu pengetahuan. Di Bukittinggi juga akan ada kampung batik,” ujar Gibran usai pertemuan.

Baca Juga :  Meymey Goes To Kampoeng Gelar Seminar "Kiat Wanita Sukses: Ikhtiar Menjemput Rejeki, Memantaskan Usaha"

Sementara itu, Erman mengatakan, kedatangannya ke Solo kali ini merupakan tahap awal untuk menjajaki kerjasama kedua belah pihak.

“Bagaimana cara memproduksi batik agar produksinya bisa go nasional dan bahkan internasional. Bagaimana juga masyarakat kami bisa menjadi pembatik yang profesional. Di sini kan ada sertifikasi untuk pembatik di STP,” paparnya.

Baca Juga :  47 Caleg PDIP Di Jateng yang Tergabung dalam Banteng Soca Ludira Desak DPP Bertindak Tegas Terkait Sistem Komandante

Erman menambahkan, budaya batik sudah ada di Bukittinggi. Namun perkembangannya masih belum sebaik di Kota Solo. Terutama dalam hal varian, batik di Bukittinggi belum sebanyak varian batik Solo.

“Kami masih bermain di harga menengah, belum ada yang hingga puluhan juta. Maksimal baru sekitar Rp 1 jutaan. Maka nantinya kami mengikuti saja arahan dari pembatik Solo, karena kami mulai dari nol,” imbuhnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com