JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Wilayah Yogya Diam-diam Dilanda Gempa dari Sesar Opak

gempa
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com
ย ย ย 

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Diam-diam telah terjadi gempa bumi yang berasal dari sesar Opak di Yogyakarta, pada Senin (8/11/2021) siang.

Hanya saja, gempa tersebut tidak sampai menimbulkan guncangan, namun tercatat oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Menurut catatan BMKG, gempa tersebut berpusat di darat, 14 kilometer arah barat laut Gunungkidul, dengan kedalaman 21 kilometer.

Gempa itu tidak memberi guncangan yang bisa dirasakan masyarakat Yogya dan sekitarnya. Terekam pada Pukul 14.49 WIB, kekuatan gempa itu terukur hanya sebesar M1,6.

Baca Juga :  Sulitnya Pertemuan Jokowi-Megawati, Politikus PDIP: Kesalahan Jokowi Jauh Lebih Banyak Ketimbang SBY

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengungkap kejadian gempa itu hanya untuk menunjukkan peningkatan kemampuan deteksi data gempa institusinya.

“Kemampuan dalam menentukan magnitudo gempa 1,6 di zona Sesar Opak ini tidak lepas dari rapatnya jaringan sensor dan tingginya sensitivitas sensor seismograf,” kata dia dalam sebuah utas, Senin.

Sejauh ini, data BMKG mencatat gempa yang bisa dirasakan sepanjang hari ini terjadi di Banda, Maluku, pada pagi dan Luwuk, Sulawesi Tengah, pada siang tadi. Masing-masing berkekuatan Magnitudo 3,3 dan 5,3.

Baca Juga :  Jokowi Kunjungi Bobby Nasution di Medan, Simbol Dukungan di Pilgub 2024? Ini Tanggapan Ngabalin

Di Luwuk, BMKG melaporkan kalau intensitas gempa yang terukur hingga skala IV MMI tersebut sempat membuat sebagian warga berhamburan ke luar rumah. Gempa dengan guncangan yang cukup kuat itu mirip dengan yang terjadi sehari sebelumnya di Poso dan Bolaang Mongondow.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com