JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Antisipasi Varian Omicron, Aturan Perjalanan Diperketat, Karantina Diperpanjang, Penggunaan Jalan Tol Dibatasi

Corona
Ilustrasi Covid-19 / Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk mencegah penyebaran varian Omicron Covid-19, Pemerintah kembali memperketat pembatasan perjalanan, memperpanjang karantina dan membatasi penggunaan jalan tol.

Kebijakan it diambil, lantaran varian Omicron lebih cepat menular daripada varian sebelumnya dan bisa memperlambat pemulihan ekonomi global.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, ada lebih dari 50 negara yang memperketat pembatasan perjalanan.

Dengan tingginya kasus penyebaran di Indonesia sebelumnya, Indonesia pernah menjadi episentrum Covid-19 di Asia. Tetapi sampai saat ini belum mengumumkan adanya Omicron di Indonesia.

Baca Juga :  Prabowo Berkujung ke DPP PKB, Cak Imin: PKB Ingin Bersinergi dengan Gerindra

Pemerintah pun memperketat pembatasan perjalanan sebagai upaya untuk mencegah kedatangan Omicron dengan memperpanjang karantina wajib dari tujuh hari sampai 10 hari.

“Kebijakan ini akan dievaluasi dari pemahaman kami dan terus menggali informasi lebih lanjut tentang varian baru ini,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan.

Indonesia saat ini telah melarang pendatang dari beberapa negara termasuk Afrika Selatan, Botswana, Namibia dan Nigeria. Lalu untuk WNI yang datang dari luar negeri akan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Baca Juga :  Banjir Amicus Curiae ke MK, Pakar: Bukan Bentuk Intervensi

Langkah pembatasan perjalanan untuk di dalam negeri dilakukan dengan membatasi jumlah kendaraan yang masuk ke tol, yaitu dengan rencana penerapan sistem ganjil genap pada libur Natal dan Tahun Baru.

Menurut data pemerintah, kasus Covid-19 telah menurun drastis yang awalnya sekitar 40.000 kasus pada Juli, kini menjadi 400 pada November lalu. Lalu lebih dari 270 juta penduduk Indonesia telah divaksinasi. Dan belum ada laporam varian Omicron.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com