JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

BIN Daerah Jateng Vaksinasi Massal 13.000 Anak di 7 Kabupaten Serentak Hari Ini. Ada 375 Anak asal Sragen Disuntik di SBI Kroyo

Kegiatan vaksinasi anak secara massal oleh BIN Daerah Jateng kepada siswa 6 sampai 11 tahun di SBI Kroyo, Karangmalang, Sragen, Rabu (22/11/2021). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 13.000 anak usia 6-11 tahun di 7 kabupaten di Jawa Tengah menjadi sasaran suntikan vaksinasi massal dari Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jateng, Rabu (22/12/2021) hari ini.

Dari jumlah itu, 375 anak di antaranya berasal dari Sragen. Kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk anak di Sragen itu dipusatkan di SBI Kroyo, Karangmalang, Sragen.

Kabinda Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto mengatakan vaksinasi massal anak usia 6 hingga 11 tahun hari ini digelar secara door to door di 7 kabupaten.

Ketujuh Kabupaten itu di antaranya Banyumas, Banjarnegara, Grobogan, Sragen, Magelang, Kebumen dan Tegal.

Dari tujuh wilayah itu, ditargetkan 13.000 dosis bisa disuntikkan untuk 13.000 anak. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di 11 titik sentra yang didirikan Binda Jateng di 7 kabupaten tersebut dengan dua diantaranya merupakan vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun.

“Pelaksanaan vaksin door to door hari ini dilaksanakan serentak di 7 kabupaten di 11 titik sentra,” paparnya dalam rilis pers yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (22/12/2021).

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Bintang Lima dan Terbaik TOP BUMD Awards 2024: Inilah Bukti Keunggulan RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen

Brigjen Tondi menguraikan di Kabupaten Banyumas, vaksinasi dilaksanakan di Desa Bantar, Kecamatan Jatilawang dan Desa Karangbawang, Kecamatan Ajibarang.

Kemudian di Kabupaten Banjarnegara dilaksanakan di Desa Pucungbeduk, Kecamatan Purwonegoro dan Desa Karangsari, Kecamatan Punggelan.

Untuk vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun dilaksanakan di Kabupaten Grobogan yakni di SDN 12 Grobogan.

“Untuk di Kabupaten Sragen dilaksanakan di SDN Kroyo SBI Kecamatan Karangmalang,” terangnya.

Berikutnya di Magelang meliputi Desa Mandicondro Secang, Desa Kajoran, Desa Nglawur Kecamatan Nglawur. Sementara di Kabupaten Kebumen dilaksanakan di Desa Wajasari Kecamatan Adimulyo dan di Kabupaten Tegal dilaksanakan di Dukuh Sawangan, Desa Sigendong, Kecamatan Bumijawa.

Brigjen Tondi menjelaskan konsep door to door atau jemput bola masih menjadi strategi Binda Jateng dalam mengejar capaian vaksinasi.

Hal itu dikarenakan banyak warga yang selama ini belum vaksin memang memiliki kendala dalam menjangkau lokasi sentra-sentra vaksin.

“Dengan mendekatkan pelayanan vaksinasi hingga tingkat desa bahkan mendatangi rumah warga, kami yakin semakin banyak warga yang tervaksin dan terbantu mendapatkan vaksin,” jelasnya.

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak, Anggota DPRD Tulungagung Juga Mengalami Kerusakan Mobil Usai Mengisi Dexlite di SPBU Sragen

Kepala BIN, Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan mengatakan, vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun merupakan arahan Presiden Joko Widodo demi menekan angka penyebaran Covid-19.

Vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun telah dimulai oleh Binda Jateng sejak 14 Desember 2021 yang dilaksanakan di wilayah Wonosobo dan Grobogan.

Vaksinasi anak dinilai sangat diperlukan utamanya untuk mencegah gejala berat dan kematian anak. Serta mencegah penularan covid-19 kepada anggota keluarga yang belum atau tidak dapat menerima vaksin.

Di samping itu, vaksinasi anak dilakukan dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka pelajar SD sampai SMP.

“Vaksinasi perlu digencarkan jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, dalam rangka mendukung program pemerintah dalam percepatan herd immunity atau kekebalan komunal. Binda Jateng dalam kaitan tersebut, telah melaksanakan vaksinasi, dengan harapan kekebalan komunal segera terbentuk dan Pandemi Covid-19 dapat segera dikendalikan,” jelasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com