JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Dipermak Makin Cantik, 15 Pedagang Obyek Wisata Goa Mangkubumi di Gebang Sragen Dibantu Gerobak Ciamik dari Bank Jateng. Ketua DPRD Bantu Pavingisasi

Pemandangan hiasan payung warna warni menghiasi pelataran obyek wisata Goa Mangkubumi di Gebang Masaran. Keindahan itu melengkapi bantuan 15 gerobak dari Bank Jateng dan pavingisasi dari Ketua DPRD Sragen, Kamis (30/12/2021). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 15 pedagang kuliner dan pelaku UMKM di kawasan desa wisata Goa Mangkubumi di Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Sragen mendapat bantuan gerobak dari Bank Jateng Sragen, Kamis (30/12/2021).

Selain itu, kawasan Goa Mangkubumi juga mendapat kucuran bantuan penataan dan pavingisasi dari Ketua DPRD Sragen, Suparno.

Hal itu terungkap dalam peresmian bantuan yang digelar di lokasi wisata Goa Mangkubumi, tadi pagi.

Bantuan 15 gerobak senilai masing-masing Rp 2 juta itu diserahkan secara simbolis oleh Ketua DPRD Suparno bersama Pimpinan Bank Jateng Sragen, Retno Tri Wulandari.

Ketua DPRD Sragen, Suparno didampingi Kades Gebang Jumanto dan Camat Masaran, Suratman. Foto/Wardoyo

Ketua DPRD, Suparno mengatakan bantuan penataan dan pavingisasi itu diberikan secara pribadi termasuk suplai material mulai dari semen, pasir, koral dan kelengkapan lainnya.

Pengerjaan nantinya dilakukan secara bergotong-royong dan saya memberikan materialnya. Bantuan itu diharapkan makin memperindah keberadaan Goa Mangkubumi yang saat ini menjadi ikon wisata sejarah di Gebang Masaran.

Termasuk ke depan ada lay out beberapa pengembangan fasilitas seperti wisata air, fasilitas renang, flying fox, turnamen-turnamen dan wahana pelengkap lainnya.

“Mungkin tidak cukup dalam satu tahun karena anggaran adalah gotong-royong. Ini adalah rancangan saya. Karena goa Mangkubumi ini adalah tempat bersejarah yang tidak bisa dipungkiri yang tidak bisa dilupakan. Ini tonggak sejarah berdirinya Sukowati dan titik nolnya Eyang Mangkubumi sehingga Sragen bisa terwujud. Makanya kita wajib uri-uri,” terang Suparno.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Berdayakan UMKM

Pimpinan Bank Jateng Cabang Sragen, Retno Tri Wulandari menyampaikan 15 unit gerobak itu diberikan sebagai wujud dukungan Bank Jateng sebagai bank pembangunan daerah terhadap program pemerintah dan kebutuhan masyarakat.

Gerobak itu dibangunkan dalam rangka mendukung operasional pedagang dan pelaku UMKM di Desa wisata Goa Mangkubumi Gebang Masaran yang selama ini belum memiliki fasilitas berjualan yang representatif.

“Selama ini mereka itu berjualannya di rumah- rumah sehingga memerlukan gerobak untuk mensentralisasi dagangannya. Harapan kami ini menjadi stimulus bagi pelaku UMKM agar mereka bisa meningkatkan produktivitas sehingga ekonomi bisa diberdayakan menuju kemandirian,” jelasnya.

Ketua DPRD Sragen, Suparno (baju merah) bersama Pimpinan Bank Jateng Cabang Sragen, Retno Tri Wulandari (tengah) saat menyerahkan simbolis bantuan gerobak untuk pedagang UMKM di Desa Wisata Goa Mangkubumi di Gebang, Masaran, Kamis (30/12/2021). Foto/Wardoyo

Kades Gebang, Jumanto mengatakan atas nama warga dan Pemdes Gebang menyampaikan terimakasih atas kepedulian Bank Jateng dan Ketua DPRD melalui bantuan gerobak dan fasilitas paving itu.

“Mudah- mudahan dengan bantuan ini membawa dampak positif khususnya perekonomian masyarakat desa khususnya di Gebang. Ke depannya kami berharap uluran tangan dari pemerintah dengan bantuan akan merenovasi destinasi wisata di Desa Gebang agar sekali lagi bisa membawa dampak dan mengangkat ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Berkah Hari Raya Idul Fitri Toko Pusat Oleh-oleh di Sragen Diserbu Pembeli

Makin Berkembang

Jumanto menyampaikan sejak dilaunching dua bulan lalu, perkembangan Desa Wisata Goa Mangkubumi cukup menggembirakan. Selama dibuka tiap sepekan sekali di hari Minggu, saat ini jumlah pengunjung mencapai 200an orang sekali buka.

Obyek wisata Goa Mangkubumi sendiri saat ini menjadi primadona baru lantaran menjadi lokasi wisata sejarah yang ada di Bumi Sukowati. Bahkan selain dipaving, gerbang masuk kini main dipercantik dengan hiasan ornamen payung warna warni.

Camat Masaran, Suratman juga mengapresiasi atas dukungan Ketua DPRD dan Bank Jateng yang banyak mendukung pengembangan Desa Wisata Gebang utamanya di Goa Mangkubumi mulai dari nol hingga berkembang sejauh ini.

“Saya yakin dengan dukungan Pak Ketua DPR ini untuk wisata ini akan cepat berkembang. Selanjutnya kami akan membantu mempromosikan karena selaku pemerintah untuk bisa menyampaikan kepada masyarakat untuk bisa berkunjung ke wisata ke Gebang Kota ini,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com