JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Joss Tenan, Damkar Wonogiri Sukses Evakuasi 131 Sarang Tawon 7 Ular dan 2 Biawak 2 Tak Cuma Padamkan Kebakaran

Melepaskan cincin
Petugas Damkar Wonogiri berupaya melepaskan cincin dari jari seorang warga. Foto : Istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebagaimana diketahui tim pemadam kebakaran (Damkar) tidak hanya mengurusi soal pemadaman api. Tim damkar salah satunya Damkar Wonogiri juga kerap dimintai tolong evakuasi binatang.

Di samping itu tim Damkar Wonogiri juga sering mendapatkan permintaan bantuan dari masyarakat. Seperti melepaskan cincin dari jari warga.

Nah berdasarkan informasi yang diperoleh dari Damkar Wonogiri, Selasa (7/12/2021), tim Damkar Wonogiri telah melakukan evakuasi dan penyelamatan binatang. Perinciannya evakuasi sarang tawon sebanyak 131 kali, evakuasi ular 7 kali dan biawak sebanyak 2 kali.

Beberapa kali pula tim Damkar Wonogiri melepaskan cincin yang melingkar erat di jari tangan warga. Seperti dialami warga Kecamatan Girimarto dan Wonogiri.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Wonogiri, Joko Santosa mengaku pihaknya telah melakukan ratusan tugas lain selain pemadaman sepanjang tahun ini. Terhitung sejak awal tahun hingga Senin (6/12/2021).

Baca Juga :  Ramadhan di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri, Target Khatam Alquran 20 Hari dan Berbagi Kebaikan

“Kalau tugas lain selain pemadaman api juga banyak, termasuk tugas penyelamatan itu. Banyak laporan masuk dari masyarakat,” kata Joko.

Belum lama ini, Joko menuturkan pihaknya melakukan evakuasi ular Kobra Jawa yang ada di kandang ayam milik warga Kelurahan Giripurwo Kecamatan Wonogiri Kota.

Selain tugas penyelamatan hewan tersebut, kata Joko, tugas-tugas lain juga pernah dilaksanakan tim Damkar Wonogiri. Dia mencontohkan, di tahun ini, pihaknya sudah beberapa melakukan evakuasi cincin yang tersangkut di jari masyarakat, ada yang datang ke kantor langsung maupun menghubungi Damkar.

Baca Juga :  Resep Opor Ayam Gurih, Hidangan Istimewa untuk Lebaran 2024

“Intinya kalau masyarakatnya tidak bisa menangani sendiri, Damkar selalu siap, kita siap selama 24 jam,” jelas Joko.

Sementara itu, di musim penghujan seperti ini, Joko menuturkan pihaknya sudah beberapa kali turun untuk melakukan evakuasi pohon tumbang di wilayah Wonogiri. Selain pohon tumbang, di musim-musim hujan seperti ini kadang-kadang banyak lumpur yang masuk ke jalan raya, Damkar bertugas menyemprotkan air membersihkan jalan raya.

Pihaknya menyebutkan masyarakat Wonogiri khususnya cara menghubungi Damkar apabila menghadapi kesulitan, entah itu kebakaran maupun tugas penyelamatan lain. Joko menuturkan, masyarakat bisa datang langsung melaporkan ke Kantor Damkar Wonogiri maupun menghubungi via telepon.

Nomor Damkar Wonogiri yakni 0273-322-013, sedangkan untuk Pos Damkar Baturetno nomornya yaitu 0273-4632-911. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com