JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jumlah Perangkat Desa di Wonogiri Sebanyak 282 Orang Resmi Dilantik, Tugas ini yang Telah Menanti

Perangkat desa
Pelantikan perangkat desa di Wonogiri. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
— Tahapan rekrutmen perangkat desa di Wonogiri sudah sampai pada pelantikan. Sejumlah tugas pun menanti para perangkat desa baru tersebut.

Informasi yang diperoleh, Senin (20/12/2021), semua perangkat desa yang dinyatakan lulus sudah dilantik. Pelaksanaan pelantikan adalah pada Sabtu (18/12) pekan lalu.

Jumlah perangkat desa di Wonogiri yang dilantik ada 282 orang,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Wonogiri Antonius Purnama Adi.

Dia menerangkan, seleksi perangkat desa sudah selesai sesuai dengan aturan yang ada. Tidak ada calon perangkat desa yang mundur menjelang pelantikan. Rinciannya ada lima Sekdes, 196 kasi/kaur dan 81 kadus yang dilantik.

Soal tugas selanjutnya, dia membeberkan perangkat desa yang dilantik itu harus berkomitmen untuk tinggal di desa tempatnya bekerja sesuai dengan aturan. Terkhusus untuk posisi kepala dusun atau kadus, harus bertempat tinggal di dusun tempatnya bekerja. Pasalnya, perangkat desa bukanlah semata-mata hanya jabatan.

Baca Juga :  Semarak Semangat Kartini Wonogiri Padukan Kreativitas dan Kemerdekaan Belajar

“Perangkat desa itu bukan hanya jabatan administrasi, tapi juga memiliki beban sosial kewilayahan,” kata pria yang akrab disapa Anton itu.

Selain itu, perangkat desa juga harus mampu menyerap aspirasi-aspirasi yang dikeluarkan oleh masyarakat setempat. Jadi para perangkat desa itu harus dekat dengan masyarakat setempat.

Sebelumnya, pada pengumuman seleksi perangkat desa, ada 289 formasi yang dibuka. Ratusan formasi itu terdiri atas formasi kadus, kasi, kaur dan Sekdes.

Baca Juga :  Mengenal Pemanfaatan Program Indonesia Pintar di Ujung Barat Laut Wonogiri

Namun, tujuh formasi perangkat desa dipastikan kosong karena pelamar tak memenuhi passing grade saat tes tertulis dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Tujuh formasi kosong itu antara lainKadus Nglorog Desa Mojopuro Kecamatan Jatiroto, Kadus Blindas Desa/Kecamatan Pracimantoro, Kadus Duren Desa Sumber Kecamatan Purwantoro. Selain itu, formasi lainnya yakni Kadus Wonosari Desa Purwosari Kecamatan Wonogiri Kota, Kadus Jatibedug Desa Purworejo Kecamatan Wonogiri Kota, Kasi Kesejahteraan Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito dan Kadus Tengger Desa Gebang Kecamatan Nguntoronadi.

Terpisah, Kepala Desa Kepatihan Kecamatan Selogiri Agus Suyitno menuturkan pihaknya juga sudah melantik satu formasi Sabtu lalu. Formasi Kasi Kesejahteraan itu sebelumnya diperebutkan oleh 16 orang. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com