JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Madu Dapat untuk Menyembuhkan Luka, Tetapi Jenis ini Saja

Ilustrasi madu. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Madu sejak lama telah dikenal memiliki rasa manis, manis keasaman dan lain sebagainya tergantung nektar yang dihisap si lebah.

Selain dikonsumsi bersama minuman atau makanan, madu juga memiliki manfaat untuk mengobati luka.

Mengutip situs web penyedia informasi kesehatan Healthline, airan manis ini mengandung derajat keasaman (pH) 3.2 hingga 4.5. Derajat keasaman itu juga berguna untuk mengurangi enzim pemecah protein (protease), yang bermanfaat untuk proses penyembuhan luka.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Namun tidak semua jenis madu dapat digunakan sebagai obat luka, tetapi ada satu madu yang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka, yaitu manuka, sebagaimana dikutip dari platform kesehatan Verywell Health. Lebah yang menyerbuki tanaman semak manuka (Leptospermum scoparium) itulah yang memproduksi madu tersebut.

Sebelum menggunakan madu untuk mengobati luka, cuci tangan sampai bersih. Setelah itu menuangkan madu di kasa atau kapas, kemudian ditempelkan pada kulit yang luka. Penggunaan kasa maupun kapas untuk menakar supaya madu tidak berlumur.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Meskipun madu manuka bermanfaat untuk menyembuhkan luka, tapi penting juga untuk mengetahui keparahan luka. Kalau memang luka itu sangat parah, maka sebaiknya tetap diobati lewat pertolongan tenaga medis. Hal lain yang penting diketahui, bahwa tak semua tubuh memiliki respons berlainan. Madu juga bisa menimbulkan reaksi alergi, sehingga tetap hati-hati saat menggunakannya untuk mengobati luka.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com