JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pasar Legi Selesai Direnovasi, Pasar Jongke Giliran Selanjutnya

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming melakukan sidak ke bangunan baru Pasar Legi, Senin (6/12/2021). Joglosemarnews.com/ Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pembangunan Pasar Legi selesai dilakukan, Pemkot Solo kembali akan melakukan renovasi dua pasar tradisional lagi. Kedua pasar tradisional yang akan segera direnovasi tersebut yaitu Pasar Jongke dan Pasar Harjodaksino.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Heru Sunardi mengatakan, saat ini rencana renovasi kedua pasar tersebut tengah dalam tahap DED (detail engineering design). Jika tahap tersebut berjalan lancar, maka proses renovasi dapat segera dimulai.

“Keduanya, Pasar Jongke dan Pasar Harjodaksino masuk tahap DED. Kita tinggal mengawal di Kementerian. Tapi nanti pelaksanaan renovasi Pasar Jongke terlebih dulu,” ujarnya, Rabu (15/12/2021).

Baca Juga :  Meski Paling Populer, Kaesang Diprediksi Tak Maju dalam Pilkada Solo 2024

Sementara itu, renovasi Pasar Jongke dianggarkan Rp 170 miliar. Dalam wakru dekat, Disdag Solo segera mencarikan lokasi untuk pasar darurat sementara bagi para pedagang PasarJongke.

“Pedagang di Pasar Jongke ada sekitar 1.600an orang, Jumlah itu mulai dari pedagang oprokan, kios dan los yang tercatat. Untuk lokasi pasar darurat masih belum ditentukan, kita masih mencari,” imbuhnya.

Baca Juga :  Sidang Perdana Sengketa Pilpres, Gibran: Kita Ikuti Prosesnya Saja

Jika sesuai dengan rencana dan tahapan, proses pembangunan pasar akan dimulai tahun 2023. Proses pembangunan sendiri ditargetkan selesai dalam waktu satu tahun.

“Jadi awal tahun 2024 itu targetnya selesai dibangun. Harapannya semua lancar sehingga proses renovasi berjalan baik,” terangnya.

Di sisi lain, pembangunan PasarLgi selesai dilakukan November 2021. Saat ini, Pemkot Solo tengah menyiapkan rencana peresmian pasar tersebut yang direncanaka akan digelar Januari 2022. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com