JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pemkot Surakarta Gandeng Ralali.com untuk Digitalisasi UKM dan IKM

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau stand UKM saat penandatanganan kerjasama Ralali.com untuk UKM Solo, Sabtu (27/11/2021). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Pemkot Surakarta menjalin kerja sama dengan Rarali.com  untuk pengembangan UKM (Usaha Kecil Menengah) dan IKM (Industri Kecil Menengah) dan perluasan digitalisasi pasar.

Naskah perjanjian kerja sama antara Pemkot Surakarta dan Rarali.com  tersebut dilakukan di  Ballroom Sidoluhur, Aston Solo Hotel, dan disaksikan langsung oleh Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Hadir pula dalam kesempatan itu perwakilan dari  PT Mitra Enabler Indonesia, PT Porang Rejeki Jaya,  PT Mitra Bumdes Nusantara, dan Induk Koperasi Nelayan Indonesia.

Dijelaskan dalam rilisnya ke Joglosemarnews,  melalui kerjasama tersebut, Ralali.com yang merupakan B2B marketplace besar  di Indonesia berkomitmen  mendukung program pemerintah dalam empowerment UKM dan IKM.

“Sehingga diharapkan ini menjadi contoh yang dapat dilakukan di berbagai kota maupun kabupaten lainnya,” ujar Joseph Aditya, selaku CEO dari Ralali.com seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Baca Juga :  Perluas Peluang Masyarakat Tempuh Pendidikan Tinggi, UT Surakarta Ikuti Edufest Expo Di Solo Paragon
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau stand UKM saat penandatanganan kerjasama Ralali.com untuk UKM Solo, Sabtu (27/11/2021). Istimewa

Melalui kerja sama tersebut, kedua belah pihak akan bersinergi untuk meningkatkan kesejahteraan UKM dan IKM Surakarta melalui proses transformasi digital.

Dijelaskan, Ralali.com bersinergi dengan Pemerintah Kota Surakarta melalui PT Mitra Enabler Indonesia (Ralali Partner) untuk melakukan standarisasi penjualan serta pemasaran agar UKM produsen dapat masuk ke pasar digital serta memenuhi standar industri yang ada.

Dijelaskan Joseph, Ralali.com selama ini memberikan  fasilitasi website gratis atau digital storefront melalui aplikasi Konekto dengan menargetkan para UKM dan IKM Surakarta dapat membangun reputasi serta mengembangkan jaringan di era digital.

Acara penandatanganan naskah kerja sama tersebut ditutup  dengan penampilan mengagumkan dari Adi Gunawan, difabel tuna netra serta founder dan Director Adi Gunawan Institute yang berperan sebagai enabler disabilitas dari Ralali.com.

Adi Gunawan melakukan live demo kemudahan membuat digital storefront melalui aplikasi Konekto.

Baca Juga :  Mengerucut, Kader Akar Rumput PDIP Dukung Gibran atau Risma untuk Pilkada DKI Jakarta 2024

Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi Ralali.com ramah dan mudah untuk digunakan oleh para disabilitas bahkan penyandang disabilitas tuna netra. Program enabler disabilitas Ralali.com ini bertujuan untuk membantu para UKM dan IKM disabilitas 4.0.

“Kerjasama dengan Pemkot Surakarta ini merupakan awalan sebagai stepping stone untuk mewujudkan serangkaian langkah strategis yang berfokus untuk mengembangkan, memperkuat, serta memajukan UKM dan IKM di Surakarta melalui teknologi,”  ujarnya.

Singkatnya, jelas Joseph, Ralali.com akan meng-empower serta membantu para pelaku usaha untuk mendigitalisasi bisnisnya. Ralali.com juga berikan kemudahan melalui Big Agent dan Konekto.

Melalui PT Mitra Enabler Indonesia, Ralali.com berinovasi membentuk enabler khusus untuk UKM dan IKM Disabilitas Go Online. Ralali.com berupaya merangkul dan berikan solusi bisnis untuk kaum disabilitas Indonesia. Suhamdani

Bagi Halaman