JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Peresmian Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri Bisa Jadi Dilaksanakan Awal 2022, ini Kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek

Nur Eko menambahkan, pihaknya juga tak bisa memastikan apakah peresmian bakal digelar tahun ini. Sebab, ada kemungkinan usai 25 Desember bakal ada pembatasan-pembatasan yang dilakukan.

Sementara itu, dia menjelaskan pembangunan Waduk Pidekso kini sudah mencapai 95 persen. Sebelumnya, pada 14 Oktober lalu, waduk itu sudah mulai digenangi.

“Proses penggenangan waduk sudah mencapai 70 persen. Tinggi muka air Waduk Pidekso saat ini mencapai 180,5 mdpl,” terang Nur Eko.

Nur Eko menambahkan, elevasi maksimal waduk pidekso berada pada ketinggian 185 mdpl, jadi kurang 4,5 meter lagi mencapai elevasi maksimalnya. Sementara daya tampung maksimal Waduk Pidekso adalah 25 juta meter kibik.

Baca Juga :  Piye Iki, Jumlah Tenaga Penyuluh Pertanian Wonogiri Hanya 137 Orang Tak Sebanding Dengan Luas Wilayah dan Total Petani

Sementara, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo atau Kepala BBWSBS Agus Rudyanto juga mengamini bahwa progres pembangunan waduk sudah mencapai 95 persen. Waduk itu juga tinggal menunggu diresmikan.

“Tanggal peresmian masih menunggu informasi dari Sekretariat Presiden,” ujar dia.

Untuk diketahui, bangunan Waduk Pidekso mulai dikerjakan sejak 2018 dengan total dana sekitar Rp 700 miliar. Semula, pembangunan waduk ditargetkan selesai pada Desember 2022. Namun, targetnya dipercepat menjadi Desember 2021.

Baca Juga :  Sebutan Bapak GTT Dialamatkan Kepada Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek dan Ketua DPRD Wonogiri

Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri mampu menyuplai irigasi untuk 1.500 hektare sawah di Kecamatan Giriwoyo dan Baturetno. Selain itu bermanfaat menyuplai air baku hingga 300 meter kubik per detik, pengendali banjir, perikanan dan pariwisata. Aris

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua