JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Peresmian Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri Bisa Jadi Dilaksanakan Awal 2022, ini Kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek

Waduk Pidekso
Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri dilihat dari atas. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Rencana awalnya peresmian Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri digelar pada tanggal cantik 211211 alias 21 Desember 2021. Namun rencana itu akhirnya batal, Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri hingga Rabu (22/12/2021) belum juga diresmikan.

Pertanyaannya kapan sebenarnya peresmian Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri jadi dilaksanakan?. Mungkinkah diresmikan di awal tahun 2022.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengatakan pihaknya belum mendapatkan informasi kapan tepatnya Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri bakal diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Awalnya, peresmian oleh Presiden Jokowi rencananya dilakukan pada Selasa (21/12).

Menurut dia, SOP kunjungan orang nomor satu di Indonesia itu sangat ketat. Bahkan, dalam dua pekan sebelum kedatangan sudah ada persiapan yang dilakukan.

“Kemarin kita juga sudah menunggu, tapi ternyata belum dilakukan persiapan khusus. Standar pengamanannya belum dipenuhi, misal ada kunjungan dari Pak Presiden minimal dua pekan objek (Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri) ini steril,” kata Bupati.

Selain itu, Joko Sutopo lebih sepakat jika peresmian itu dilakukan di Januari 2022. Saat itu, kondisi Bendungan Pidekso sudah benar-benar siap. Sebelumnya, sudah dilakukan penggenangan waduk beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Halalbihalal dan Sambut Semangat Baru Menuju Satuan Pendidikan yang Membahana

Waduk Pidekso ini manfaatnya sangat luar biasa bagi masyarakat kita,” kata Bupati.

Terpisah, Project Manager PT PP Waduk Pidekso Nur Eko mengatakan hingga Senin (20/12) siang pihaknya belum mendapatkan kepastian kapan Presiden Jokowi bakal meresmikan Waduk Pidekso. Rencana awal, peresmian bakal dilakukan di tanggal cantik 211221.

“Beliau (Presiden) sepertinya berkenan hadir, tapi untuk kapan tanggalnya kami belum dapat kepastiannya,” terang Nur Eko.

Nur Eko menambahkan, pihaknya juga tak bisa memastikan apakah peresmian bakal digelar tahun ini. Sebab, ada kemungkinan usai 25 Desember bakal ada pembatasan-pembatasan yang dilakukan.

Sementara itu, dia menjelaskan pembangunan Waduk Pidekso kini sudah mencapai 95 persen. Sebelumnya, pada 14 Oktober lalu, waduk itu sudah mulai digenangi.

“Proses penggenangan waduk sudah mencapai 70 persen. Tinggi muka air Waduk Pidekso saat ini mencapai 180,5 mdpl,” terang Nur Eko.

Baca Juga :  Waduh, Hanya Setengah Bulan Telah Terjadi 564 Kasus Pidana dan 877 Kecelakaan Lalulintas

Nur Eko menambahkan, elevasi maksimal waduk pidekso berada pada ketinggian 185 mdpl, jadi kurang 4,5 meter lagi mencapai elevasi maksimalnya. Sementara daya tampung maksimal Waduk Pidekso adalah 25 juta meter kibik.

Sementara, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo atau Kepala BBWSBS Agus Rudyanto juga mengamini bahwa progres pembangunan waduk sudah mencapai 95 persen. Waduk itu juga tinggal menunggu diresmikan.

“Tanggal peresmian masih menunggu informasi dari Sekretariat Presiden,” ujar dia.

Untuk diketahui, bangunan Waduk Pidekso mulai dikerjakan sejak 2018 dengan total dana sekitar Rp 700 miliar. Semula, pembangunan waduk ditargetkan selesai pada Desember 2022. Namun, targetnya dipercepat menjadi Desember 2021.

Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri mampu menyuplai irigasi untuk 1.500 hektare sawah di Kecamatan Giriwoyo dan Baturetno. Selain itu bermanfaat menyuplai air baku hingga 300 meter kubik per detik, pengendali banjir, perikanan dan pariwisata. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com