JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sejarah, Hanya di Sragen, Bapak Jabat Kades Lantik Putrinya Sendiri Jadi Perangkat Desa

Kades Gabus, Sumarwanto saat melantik putrinya Mimma Arizhona Darmawan menjadi perangkat desa dengan jabatan Kaur Keuangan, Jumat (24/12/2021). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Meski sempat digoyang protes dan memicu penolakan peserta lainnya, empat perangkat Desa Gabus, Kecamatan Ngrampal hasil seleksi penjaringan penyaringan, akhirnya tetap dilantik, Jumat (24/12/2021).

Pelantikan digelar di balai desa setempat dengan dipimpin langsung Kades Gabus, Sumarwanto.

Pelantikan itu juga mencatat sejarah. Pasalnya satu dari empat perangkat desa yang dilantik adalah putri Kades sendiri, Mimma Arizhona Darmawan.

Momen bapak melantik putrinya sendiri menjadi bawahannya itu juga menjadi sejarah baru karena baru kali pertama terjadi sepanjang sejarah Sragen.

Empat Perdes terpilih di Desa Gabus yang dilantik hari ini masing-masing Suranto sebagai Kaur Perencanaan. Ia meraih nilai 62,23 mengalahkan 18 peserta.

Kemudian Nur Cholis dilantik sebagai Kebayan I. Ia yang meraih ranking 1 dengan nilai 62,1 itu mengalahkan 10 peserta.

Perangkat desa ketiga yang dilantik adalah Kebayan II atas nama Dwi Joko Priyono. Ia dinyatakan terpilih dengan nilai 63,8 mengalahkan 6 peserta.

Yang terakhir adalah Kaur Keuangan, anak Pak Kades bernama Mimma Arizhona Darmawan. Ia dinyatakan menang usai mengoleksi nilai 66,23 mengalahkan 6 peserta lainnya.

Baca Juga :  Ditangkap Polisi, Jumadi Asal Ngrampal Cokot Nama Tempel. Mengaku Sudah Bayar Rp 550.000

“Saya Kades Gabus Sumarwanto SPd dengan ini melantik saudara Nur Cholis sebagai Kebayan I, saudara Dwi Joko Priyono sebagai Kebayan II, saudari Mimma Arizhona Darmawan sebagai Kaur Keuangan dan Suranto sebagai Kaur Perencanaan. Kami percaya saudara akan menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan tanggungjawab yang dibebankan,” ujar Kades saat membacakan kata-kata pelantikan.

Pelantikan juga dihadiri oleh Camat Ngrampal, Joko Hendang Murdono, Kapolsek AKP Hasto Broto dan Danramil.

Camat Joko Hendang membenarkan empat perangkat desa terpilih di Desa Gabus sudah dilantik hari ini oleh Kades.

Menurutnya, pelantikan dilakukan karena semua tahapan sudah dilaksanakan sesuai prosedur dan aturan.

Terkait sempat adanya keberatan dan penolakan dari peserta lain, hal itu tidak mempengaruhi jalannya tahapan.

Pun sampai dilakukan pelantikan tadi pagi, sepengetahuannya situasi juga berjalan kondusif, tidak ada komplain, rumor atau isu apapun terkait pelantikan Perdes di Gabus.

“Tadi kami pantau juga enggak ada yang protes dan keberatan. Dua anggota BPD yang sempat jadi peserta dan menjadi bagian dari yang keberatan, tadi juga hadir menyaksikan pelantikan dan tidak ada reaksi apapun. Yang jelas situasi sudah kondusif,” paparnya.

Baca Juga :  Terjerat Narkoba, 39 Warga Sragen Dijebloskan ke Penjara. Peredaran Pil Koplo Makin Memprihatinkan

Joko menegaskan bahwa jika ada pihak yang masih keberatan dengan hasil seleksi, hal itu adalah hak mereka.

Hanya saja ketika proses dan tahapan sudah dilaksanakan sesuai prosedur, menurutnya tidak ada alasan untuk tidak dilakukan pelantikan.

Jika ada yang masih keberatan, dipersilakan untuk menempuh upaya lain dengan menggugat lewat PTUN jika ada temuan indikasi mal administrasi. Atau melapor ke aparat penegak hukum jika ada indikasi pelanggaran pidana.

“Tapi harus disertai pembuktian. Jangan hanya asumsi atau dugaan-dugaan. Tidak menerima itu hak masing-masing tapi tidak bisa sepihak memaksakan kehendak atau mengintervensi tahapan,” tandasnya.

Sementara, hingga kini belum ada kabar atau reaksi dari peserta lainnya yang sebelumnya sempat melayangkan keberatan dan menolak hasil seleksi. Wardoyo

Bagi Halaman