JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Seleksi Ketat, Inilah 4 Wakil Indonesia di BWF World Tour Finals 2021, Pramudya/Yeremia Jadi Sorotan Usai Lolos Temani Marcus/Kevin

Pasangan junior ganda putra, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan yang berhasil debut di turnamen BWF World Tour Finals 2021. Foto: PBSI

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Selesainya ajang Indonesia Open 2021 menandakan poin akhir yang dikumpulkan para atlet selama setahun telah diketok palu. Akumulasi poin tersebut dijadikan tolok ukur agar mereka pantas berlaga di turnamen penutup paling diperhitungkan, BWF World Tour Finals di Nusa Dua, Bali pada 1-5 Desember 2021.

Selama satu tahun, federasi bulu tangkis dunia selalu menghitung dan memperbarui poin dan peringkat BWF Race To Bali. Hanya ada 8 wakil dengan torehan poin terbanyak di setiap sektor yang bisa bermain di turnamen tersebut. Karena itulah, pemain yang berhasil menginjakkan kaki di BWF World Tour Finals bukan merupakan wakil yang sembarangan.

Indonesia sendiri menempatkan empat wakil pada turnamen bergengsi tersebut. Ada nama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo serta Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di sektor ganda putra.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu jadi wakil di ganda putri, dan terakhir Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti pada sektor ganda campuran. Wakil Merah-Putih nihil di sektor tunggal putra dan tunggal putri.

Pramudya/Yeremia sukses curi perhatian. Nama mereka menjadi sorotan karena berhasil debut di BWF World Tour Finals. Akumulasi poin duet pemain muda tersebut mengantarkan mereka untuk menemani sang senior, Marcus/Kevin.

Baca Juga :  Mesut Ozil Datang ke Indonesia Gabung Rans Cilegon FC?

Prestasi gemilang ditunjukkan Pramudya/Yeremia pada beberapa turnamen sepanjang tahun ini. Mereka berhasil meraih podium tertinggi dan menjuarai ajang Spain Master 2021.

Langkah mereka hingga sampai ke babak semi final Hylo Open 2021, perempat final Indonesia Masters 2021, serta putaran R16 Indonesia Open 2021 juga mampu membuat Pramudya/Yeremia merasakan sensasi berlaga pertama kali di seri turnamen penutup BWF itu.

“Kita sangat bangga ketika bisa lolos kualifikasi dan termasuk pemain pemuda di ajang ini. Kita akan berjuang semaksimal mungkin untuk meraih titel juara,” ujar Pramudya dilansir dari laman resmi BWF, Rabu (1/12/2021).

Marcus/Kevin juga berhasil menepis segala keraguan yang mencuat di pertengahan tahun 2021. Mulanya, poin mereka sangat jauh dan masih berada di peringkat akhir kualifikasi BWF Race to Bali.

Namun saat mereka menunjukkan taringnya di berbagai turnamen, ganda putra terbaik Indonesia ini mampu melejit hingga bertengger sebagai unggulan pertama di BWF World Tour Finals 2021.

Pasangan yang dijuluki The Minions itu baru saja menyabet titel juara Indonesia Open 2021. Sebelumnya, mereka juga naik di tahta tertinggi Hylo Open 2021, serta runner up Indonesia Masters 2021 dan French Open 2021. Bukan main, mereka bertanding pada empat final berturut-turut di akhir tahun.

Baca Juga :  Pertama Kali Tanding di SEA Games 2021, Mahasiswi UNS Berhasil Raih Medali Perak

Sementara itu, Greysia/Apriyani mendapat keistimewaan kala berhasil merengkuh medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Satu tiket tersedia untuk mereka bertanding. Di samping itu, mereka juga telah mencapai babak final di Indonesia Open 2021, perempat final di Indonesia Masters 2021, serta perempat final Denmark Open 2021.

Terakhir, Praveen/Melati juga mampu lolos kualifikasi usai mengumpulkan 29.710 poin. Pasangan “honey couple” itu telah mencapai posisi runner up di Hylo Open 2021, babak semi final di Denmark Open 2021, serta perempat final French Open 2021. Perjalanan itu cukup membuat mereka unjuk gigi di ajang pungkasan BWF.

Pertandingan BWF World Tour Finals 2021 berlangsung mulai hari ini, Rabu (1/12/2021) hingga Minggu (5/12/2021). Laga yang akan disajikan itu sekaligus menutup rangkaian turnamen yang bertajuk “Indonesia Badminton Festival 2021” di Pulau Bali. Linda Andini Trisnawati

Bagi Halaman