JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei Terbaru: Sandiaga Nyodok ke Atas di Bawah Anies. Prabowo  Mulai Ditinggalkan?

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Meski sempat memuncaki tangga survei elektabilitas Capres 2024, namun dalam survei terbaru oleh  Indonesia Political Opinion (IPO), Ketua Umum Partai Gerindra malah merosot.

Seandainya  Pemilihan Presiden dilaksanakan hari ini,  maka elektabilitas Prabowo Subianto hanya sebesar 8,4 persen, berada di urutan ke lima dari 30 nama yang dinominasikan.

Rekan separtainya, Sandiaga Uno justru berhasil menyodok dengan  menduduki posisi kedua dengan angka elektabilitas sebesar 13,8 persen.

Di atas Sandi, ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 21,3 persen. Selanjutnya di bawah Sandi, ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 11,6 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono.

“Membaca tingkat popularitas, elektabilitas dan penerimaan publik terhadap tokoh-tokoh potensial, terutama Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto, terlihat mencolok jika Prabowo mulai ditinggalkan, beralih ke Sandiaga Uno yang mulai merangkak naik menggantikan Prabowo,” ujar Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah lewat keterangannya, Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga :  Pertemuan Prabowo-Surya Paloh Sinyal Hak Angket Bakal Layu Sebelum Berkembang

Survei ini dilakukan dengan mengambil representasi sampel sejumlah 1.200 responden yang tersebar proporsional skala nasional dan berdasarkan data pada survei sebelumnya (Periode Maret 2020, Agustus 2020, April 2021 dan Agustus 2021). Dengan teknik ini, setiap anggota populasi (responden) memiliki peluang setara untuk dipilih atau tidak menjadi responden. Untuk menguji validitas responden, IPO melakukan spot check pada 15 persen dari total populasi sampel dan pengujian metode pra-research.

Menurut Dedi, peningkatan elektabilitas Sandiaga Uno dipengaruhi beberapa faktor. Di antaranya karena kejenuhan publik atas ketokohan Prabowo, dan meningkatnya harapan publik agar Sandiaga Uno menggantikan posisi Prabowo. Selain itu, dipengaruhi tren pemilih yang cenderung menyukai tokoh muda.

Baca Juga :  Besok Batas Akhir Permohonan Gugatan Sengketa Pemilu di MK, TPN Ganjar-Mahfud Siap Daftar Susul Tim AMIN

Dalam survei IPO terlihat jika popularitas Sandiaga Uno sebesar 87 persen, berada di bawah Prabowo Subianto yang memperoleh angka popularitas sebesar 94 persen. Tetapi dari sisi kesukaan publik, Sandiaga Uno lebih unggul dibanding Prabowo.

“Memang terlihat ada ceruk persentase sekira 15 sampai 17 persen yang tidak suka pada Prabowo, sehingga kelompok ini rentan mempromosikan anti Prabowo. Sementara Sandiaga Uno, belum memiliki pembenci yang sedemikian kuat sebagaimana yang dimiliki Prabowo, ini tentu dilematis,” ujar Dedi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com