JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Waspada, Ini 5 Ancaman Kriminalitas dan Gangguan Kamtibmas Terbesar di Sragen Jelang Natal dan Tahun Baru!

Grafik angka kriminalitas dan gangguan Kamtibmas di Sragen selama 2021. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Polres Sragen mengingatkan lima ancaman kriminalitas terbesar yang harus diwaspadai menjelang momentum perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Lima potensi kejahatan terbesar itu di antaranya pencurian, pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, curanmor, penipuan dan terorisme.

Hal itu disampaikan Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi saat memberikan paparan dalam acara Sosialisasi Penanganan Gangguan Keamanan Daerah dalam Menghadapi Natal dan Tahun Baru di Gedung Kartini Sragen, Rabu (1/12/2021).

Ia mengatakan berdasarkan grafik tindak kriminalitas dan gangguan Kamtibmas selama 2021, kasus kriminalitas didominasi pencurian.

Karenanya, menjelang momen Nataru, ia meminta masyarakat mewaspadai lima potensi kriminalitas terbesar.

Baca Juga :  Bioskop legendaris Garuda Theatre Sragen: Kenangan Manis Masa Lalu

“Antara lain pencurian, pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, curanmor dan penipuan,” paparnya.

Di hadapan aparat gabungan dari TNI, Polri, Kesbangpol dan Satpol PP, Kapolres menyampaikan untuk potensi terorisme, di Sragen memang bukan tempat kegiatan.

Akan tetapi Sragen tercatat sebagai tempat asal dari beberapa pelaku terorisme. Karenanya kegiatan intelijen diminta ditingkatkan.

Masyarakat juga diharapkan bisa proaktif dan lebih peduli terkait ancaman terorisme. Yakni dengan memberikan informasi apabila ada indikasi pendatang baru di lingkungannya yang cenderung sulit bersosialisasi.

“Silakan beri informasi dan lakukan pendekatan,” ujarnya.

Terkait Nataru, pihaknya juga menekankan pentingnya menjaga protokol kesehatan.

Baca Juga :  Terbaik, Bank Djoko Tingkir Sragen Tetap Konsisten Kembali Meraih Penghargaan TOP BUMD Tahun 2024 Golden Trophy

Meski tren kasus di Sragen dan nasional mulai menurun, prokes menjadi penting untuk menangkal potensi penyebaran covid-19 dan ancaman gelombang varian baru bernama Omicron.

“Meski vaksinasi sudah luar biasa, tapi yang terpenting prokes tetap harus dijaga. Kita harus selalu pakai masker dan menghindari kerumunan. Boleh waspada tapi tidak boleh khawatir berlebihan juga karena itu secara psikologis justru akan menurunkan imun kita,” tandasnya.

Sementara untuk potensi gangguan Kamtibmas, di antaranya bencana longsor dan banjir menjadi dua bencana yang berpotensi mengancam.

Lantas kerusakan jalan dan kondisi jalan bergelombang dinilai memicu potensi kecelakaan. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com