JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bukan Layangan Putus, Kartu Prakerja Wonogiri Bakal Digulirkan, Pelamar Diminta Nyicil Buat Akun Dulu

Job fair virtual Wonogiri 2021 di komplek GOR Girimandala Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kabar gembira bagi warga Wonogiri. Program Kartu Prakerja bakal kembali berjalan di tahun ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja atau Kepala Disnaker Wonogiri Ristanti memastikan hal itu, Kamis (6/1/2022). Dia mengatakan pembuatan akun di situs Kartu Prakerja (www.prakerja.go.id) sudah dibuka. Meski begitu, program tersebut hingga saat ini masih belum dibuka.

“Jadi saat ini bisa nyicil membuat akun dulu. Nanti saat sudah dibuka calon peserta bisa langsung klik gabung dan ikut seleksi atau tesnya,” jelas dia.

Peserta hanya bisa satu kali mendaftarkan diri untuk mengikuti program dari pusat itu. Jika sudah pernah terpilih dan masuk dalam program tersebut di gelombang sebelumnya, peserta tidak bisa kembali terpilih menjadi peserta program di gelombang selanjutnya. Pasalnya, sistem bisa mengecek nomor induk kependudukan (NIK) peserta program tersebut.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Pihaknya belum mengetahui secara pasti kapan program tersebut dibuka. Untuk yang berminat mendaftar bisa memantau websitenya langsung.

Sebagai informasi, program Kartu Prakerja adalah program untuk pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Program itu ditujukan bagi pencari kerja, karyawan yang terkena PHK maupun pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Program tersebut sudah berlangsung sejak 2020 lalu. Pada tahun 2020, tercatat ada pembukaan program sebanyak 11 gelombang. Selanjutnya di tahun 2021 gelombang 12 dilanjutkan hingga terakhir gelombang 22.

Sementara itu, peserta program tersebut mendapatkan manfaat bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta yang digunakan untuk pelatihan. Lalu insentif pasca penuntasan pelatihan sebesar Rp 600 ribu per bulan dalam kurin empat bulan (total Rp 2,6 juta) plus insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50 ribu per survei (tiga kali survei).

Baca Juga :  Mudik Lebaran 2024, 196 Juta Perantau Bakal Pulkam

“Tapi kita belum mengetahui nominalnya di tahun 2022 apa sama atau tidak. Tinggal menunggu saja karena sudah ada tanda kalau program ini kembali digulirkan,” ujar dia.

Lalu berapa jumlah warga Wonogiri yang mendapatkan manfaat program Kartu Prakerja di tahun 2021? Ristanti menuturkan pihaknya belum mendapatkan informasi terkait hal tersebut. Biasanya, pihaknya mendapatkan informasi itu dari provinsi.

Lebih jauh, Ristanti juga mewanti-wanti masyarakat yang berminat untuk berhati-hati dengan adanya tautan palsu website prakerja. Website yang resmi di www.prakerja.go.id. Pihaknya meminta masyarakat mewaspadai kalau ada website yang lain. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com