JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Daftar Haji Sekarang Berangkat 30 Tahun Lagi, Warga Wonogiri yang Mendaftar Haji Tak Sebanyak Daerah Lain di Surakarta

Asrama Haji Donohudan yang tetap disiagakan untuk isolsai mandiri / Foto: Waskita
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Kepala Kantor Kementerian Agama atau Kepala Kemenag Wonogiri Anif Solikhin mengatakan beberapa waktu lalu umrah memang sudah diperbolehkan meski harus dengan berbagai pembatasan. Namun untuk keberangkatan haji di tahun ini masih belum pasti.

Dia menerangkan, di Jawa Tengah, calon jemaah haji yang mendaftar memiliki waktu antrean sekitar 30 tahun. Kuota per kota atau kabupaten di Jawa Tengah juga tidak dibagi. Dalam kondisi normal alias sebelum pandemi, kuota haji di Jawa Tengah sekitar 30 ribu jamaah.

Lebih jauh, Anif menuturkan jumlah pendaftar haji dari Kota Mete tak sebanyak daerah lain se eks Karesidenan Surakarta. Meski begitu, beberapa waktu lalu ada rombongan warga yang mendaftar bersama-sama untuk berangkat haji.

“Beberapa hari lalu dalam satu hari ada 52 orang yang daftar. Rombongan dari Kecamatan Purwantoro,” kata dia, baru-baru ini.

Baca Juga :  Geger Diduga Korban Pembunuhan, Penemuan Kerangka Manusia di Setren Slogohimo Wonogiri, Ada Bekas Terbakar

Menurut Anif, bagi warga yang sebenarnya sudah memiliki niat dan uang untuk berangkat haji sebaiknya bisa segera mendaftar, tak perlu menunggu teman-temannya. Meski begitu, kemungkinan rombongan itu kemungkinan bakal berangkat ibadah bersama, sekitar 30 tahun lagi jika hitung-hitungan kondisi normal.

Dari informasi yang didapatnya, ada terobosan yang dilakukan Arab Saudi dengan perluasan area Masjidil Haram dan juga Mina (bangunan ditingkat). Dengan begitu, jamaah haji yang melakukan ibadah jumlahnya bisa lebih banyak.

“Kalau jumlah jamaahnya bisa lebih banyak, ada potensi juga pemberangkatan haji bisa lebih cepat,” kata Anif.

Memang di tahun ini masih belum pasti. Tapi kita optimis di tahun ini bisa ada pemberangkatan. Sebab umrah sudah bisa jalan, harapannya nanti haji juga bisa jalan,” terang Anif di ruang kerjanya.

Baca Juga :  Kecelakaan di Sawahan Gedong Pracimantoro Wonogiri, Pengendara Honda Vario Meninggal Usai Tabrak Truk dari Belakang

Dua tahun belakangan ini, tidak ada pemberangkatan jamaah haji dari Indonesia akibat adanya pageblug Corona. Anif menerangkan, di tahun lalu hanya ekspatriat saja yang diizinkan oleh Arab Saudi mengikuti ibadah haji selain warga mereka sendiri. Itupun dengan pembatasan jumlah.

Meski di tengah ketidakjelasan pemberangkatan haji di tahun ini, tetap ada warga muslim yang ingin menjalankan rukun Islam kelima itu. Berdasarkan data Kemenag Wonogiri, di awal tahun ini sudah ada 79 pendaftar haji. Sementara di tahun 2021 lalu tercatat ada 395 pendaftar dan di tahun 2020 ada 629 pendaftar.

“Animo masyarakat yang ingin mendaftar haji memang tetap ada. Meski pandemi tetap ada pendaftarnya. Karena memang niatnya untuk beribadah,” ujar Anif. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com