JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Efek Samping Setelah Vaksin Covid-19 Berkaitan Dengan Nocebo, Apa Itu?

Ilustrasi / republika
   

JOGLOSEMARNEWS.COM – Penemuan fakta mengenai efek samping yang dialami seseorang setelah melakuan vaksin Covid-19 ada kaitannya dengan efek nocebo ketimbang vaksin itu sendiri.

Para ilmuan Amerika memeriksa hasil data dari 12 hasil uji klinis vaksin Covid-19, hasilnya efek dari nucebo menyumbang 76 persen dari reaksi yang umum terjadi setelah dosis pertama, dan hampir 52 persesn setelah dosis kedua.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Lalu apa itu nocebo?

Nocebo merupakan sebuah istilah untuk substansi yang aman untuk diberikan kepada pasien dan seharusnya tidak menimbulkan efek buruk. Akan tetapi pemberian substansi itu dikaitkan dengan hal yang mungkin membahayakakn atau menimbulkan efek samping bagi pasien. sehingga pasien meyakini hal tersebut dan timbul kecemasan dan muncul efek samping dari sugesi yang diberikan.
“misal seorang pasien diberika sebuah pil gula, tetapi dokter tersebut meyebutkan bahawa obat itu bisa menimbulkan efek samping bagi pasien, sehhinga timbul kecemasan atas sugesti tersebut, seperti melansir Web MD, Jumat (21/1/2022).  Amandha Tito Nursahid

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com