JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Harga Minyak Goreng di Wonogiri Tembus 21 Ribu Perliter, Dinas Usul Operasi Pasar

LAYANI PELANGGAN-Pedagang sayur di Pasar Kota Wonogiri melayani pelanggan. Foto diambil beberapa waktu lalu. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Harga minyak goreng di Wonogiri saat ini masih tembus di atas Rp20 ribu perliter. Masih tinggi kendati sudah ada kebijakan soal minyak goreng satu harga.

Untuk diketahui, kebijakan Menteri Perdagangan (Mendag) untuk minyak goreng satu harga belum berjalan di Kabupaten Wonogiri. Ini terbukti bahwa, di pasar-pasar tradisional harga yang terpantau masih tinggi.

Pada Selasa (25/1/2022) harga minyak goreng di Wonogiri di kisaran Rp 20-21 ribu per liter.

Secara langsung tingginya harga minyak goreng di pasaran dirasakan dampaknya oleh kalangan rumah makan maupun pedagang gorengan. Mereka umumnya masih bertahan dengan kondisi sekarang.

Baca Juga :  Terbongkar Sudah Rahasia Menu Timur Tengah Kambing Guling dan Sejenisnya, Tinggal Sesuaikan dengan Lidah Lokal

“Kalau mau menaikkan harga menyesuaikan dengan mahalnya minyak goreng ya tidak berani, takut pelanggan pada lari,” ujar salah seorang pedagang gorengan dan warung makan di Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri.

Solusinya, imbuh dia, untuk sementara hanya mengurangi jumlah dagangan. Atau bisa ditempuh dengan mengurangi ukuran gorengan.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Wonogiri Wahyu Widayati mengiyakan belum ada satu harga untuk komoditas minyak goreng di Wonogiri.

Baca Juga :  Melepaskan Kekhilafan Memurnikan Hati dan Memperkuat Silaturahmi

“Monitoring kami di toko-toko swalayan harga sudah Rp 14 ribu per liter, tapi di pasar tradisional memang masih Rp 20ribuan seliter,” kata Wahyu.

Pihaknya mengaku pernah mengusulkan agar ada operasi pasar guna menstabilkan harga di pasaran. Usulan Wonogiri itu dilayangkan jauh sebelum munculnya kebijakan Mendag minyak goreng satu harga yakni Rp 14 ribu per liter

“Kami malah sudah lama bersurat ke dinas provinsi mengusulkan operasi pasar minyak goreng sejumlah 25 ribu liter untuk daerah Wonogiri,” ujar Wahyu. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com