JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Hujan Deras Kali Jenes Meluap, Kampung Bumi Solo Dihantam Banjir

Diguyur Hujan Deras Berjam-jam, Kali Jenes Meluap, Kampung Bumi Solo Dihantam Banjir | Foto : Prabowo
Diguyur Hujan Deras Berjam-jam, Kali Jenes Meluap, Kampung Bumi Solo Dihantam Banjir | Foto : Prabowo
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Hujan yang mengguyur kawasan Kota Solo beberapa jam, membuat sejumlah perkampungan di Kota Solo mengalami banjir, Jumat (21/1/2022) malam.

Hujan dengan durasi yang cukup lama membuat aliran Kali Jenes di Kecamatan Laweyan, meluap ke pemukiman warga.

Sedikitnya 50 Kepala Keluarga (KK) di dua RT 01 dan 03 Kampung Jagalan, Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, Solo, terkena banjir hingga kedalaman 70 sentimeter.

Hal tersebut diungkapkan Sarno Ketua RW V Kelurahan Bumi, yang menjelaskan air mulai naik sejak pukul 18.00 WIB, yang mengalami kenaikan secara signifikan.

Baca Juga :  Teguh Prakosa, Wakil Gibran Akan Daftar Jadi Calon Walikota Solo, Yakin Partainya Melihat Figur Internal

“Sebelumnya hujan deras dulu, Mas, sejak pukul 15:00 WIB. Karena hujan terus mengguyur, akhirnya air masuk ke rumah warga,” terang Sarno, Jumat (21/01/2022).

Selain itu, dirinya juga mengungkapkan bahwa air masuk secara perlahan. Kebetulan di kampung tersebut memang lokasinya dekat dengan aliran Sungai Jenes.

“Kawasan atau kampung ini kan dekat dengan Sungai Jenes. Di saat debit air Sungai Jenes ini tak kuat menahan banyaknya air akhirnya meluap ke pemukiman warga,” ungkap Sarno.

“Kalau yang masih di perkampungan Jagalan agak ke barat ini ketinggiannya ya 30 sentimeter lah. Tapi kalau yang sebelah timur kampung ini mungkin sekarang ya sudah 70-an sentimeter,” tegas Sarno.

Baca Juga :  Soal Koalisi Dengan PDIP, Gibran: Semua Bisa Dibicarakan

Senada juga dikatakan Joko, warga setempat. Hingga kini dirinya masih terjaga di depan rumah, mengingat hingga berita ini diturunkan kawasan Laweyan, Solo masih hujan deras.

“Ya jaga-jaga saja. Karena masih hujan deras. Antisipasi jika air terus naik kita langsung ngungsi ke tempat aman,” paparnya.

Sementara bagi warga yang rumahnya tergenang banjir hingga satu meter lebih ini, sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Prabowo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com