JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Putuskan  “Nusantara” untuk Nama IKN yang Baru, Ini Reaksi dari Berbagai Pihak

“Pemberian nama Nusantara tidak mewakili pikiran RI yang setara, tetapi mewakili arogansi ‘Keraton Jawa’ gaya baru,” ujar JJ Rizal.

Sementara itu, Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (Pansus RUU IKN) Ahmad Doli Kurnia Tandjung sepakat dengan nama Nusantara itu karena sesuai dengan pertimbangan  historis, sosiologis, serta filosofis yang nantinya tertera di dalam Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN).

Menanggapi hal tersesebut, Teras Narang perwakilan dari DPD RI mengatakan bahwa, “Dalam dinamika ini, dalam hemat kami, pemerintah perlu segera menyiapkan penjelasan tertulis terkait pemilihan nama ini. Terlebih pemilihan nama ini sebelumnya tidak muncul di draf RUU maupun naskah akademik,” tutur Teras.

Baca Juga :  Ucapkan Ikrar Sumpah Setia, Belasan Jamaah Khilafatul Muslimin Kembali ke Pangkuan NKRI

Maka dari itu, pemberian nama yang dampak luas ini, perlu disampaikan dalam perspektif Indonesia kekinian yang akan datang.

“Kalau tidak diperjelas nanti ada anggapan apakah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diganti menjadi Nusantara. Saya menilai agar tidak terjadi kebingungan maka disebutkan ‘Ibu Kota Negara yang bernama Nusantara’,” ungkap Doli ketika Rapat Panitia Kerja (Panja) RUU IKN di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta.

Baca Juga :  Dinilai sebagai Sosok Tepat untuk Lakukan Recovery Ekonomi, KIB Kepri Siap Menangkan Airlangga di  2024

Sebetulnya terdapat 80 usulan nama sebagai opsi ibu kota baru dan mana yang dipilih adalah ranah pemerintah. Akhirnya, nama Nusantara yang dipilih oleh pemerintah.

“Tadi kami tanya kira-kira nama Ibu Kota Negara (IKN) mau diputuskan kapan, apakah diserahkan kepada pemerintah atau disebutkan langsung dalam RUU IKN. Lalu kami sepakat langsung dimasukkan saja dalam satu bagian dalam keputusan dan ditanyakan apakah pemerintah sudah ada nama, dijawab sudah yaitu Nusantara,” tambah Doli. Arlita Andriani

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua