JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kabar Gembira, Mulai April Obat Covid-19 Bakal Diproduksi di Dalam Negeri

Budi Gunadi Sadikin / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah Indonesia, mulai April atau Mei 2022 mendatang bakal memproduksi molnupiravir, obat antivirus baru untuk pasien Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Dia mengatakan, beberapa varian obat yang pasti dibutuhkan adalah obat-obat anti virus seperti favipiravir dan juga molnupiravir.

“Kalau kita bisa dengan segera mendapat akses ke obat-obat tersebut akan sangat membantu untuk penanganan Covid-19 ini,” kata Menkes Budi dalam keterangannya, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga :  Demi Ungkap Pelanggaran Pilpres 2024, Masyarakat Sipil Desak Pengadilan Rakyat

Lebih lanjut Menkes mengatakan, dalam menghadapi gelombang lanjutan pandemi Covid-19, pemerintah telah mengamankan stok 400.000 tablet molnupiravir melalui PT Amarox.

Perusahaan farmasi tersebut juga akan memproduksi sendiri molnupiravir.

Selain molnupiravir, Menkes Budi berharap PT Amarox juga bisa memproduksi paxlovid untuk menghadapi pandemi berikutnya.

Menurut Budi, penting bagi Indonesia membuat obat Covid-19 di dalam negeri. Sebab, dari pengalaman sebelumnya ketika terjadi lonjakan kasus di beberapa negara, Indonesia sempat mengalami kesulitan dari logistik pengiriman obat-obatan ke dalam negeri.

Baca Juga :  Jika Tuduhan Pencatutan Nama Dosen Malaysia Terbukti, Pakar: Gelar Guru Besar Dekan FEB Unas Mestinya Dicopot

“Diharapkan bahwa semua produk-produk yang kritikal bagi bangsa kita itu diproduksi di dalam negeri. Kita akan memastikan bahwa banyak perusahaan obat dan alat kesehatan di Indonesia sehingga kalau ada pandemi selanjutnya kita tidak bergantung kepada negara lain,” ujar Budi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com