JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kabar Wonogiri Terbaru Cetak KTP KK dan Lainnya Bisa Lewat ADM, Fungsinya Mirip ATM, Tiba di Wonogiri Januari 2022 ini

Kepala Disdukcapil
Kepala Disdukcapil Wonogiri Sungkono. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Lantaran mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat, Pemkab Wonogiri akhirnya memperoleh reward. Penghargaan tersebut berupa satu mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Alat ADM ini fungsinya mirip Anjungan Tunai Mandiri/Automatic Teller Machine (ATM). Jika ATM mengeluarkan uang, maka ADM mencetak KTP, KK, dan berkas kependudukan lainnya.

“Kemungkinan ADM bakal tiba di Wonogiri bulan Januari ini,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wonogiri Sungkono di ruang kerjanya Senin (10/1/2022).

Fungsi dari ADM mirip dengan ATM. Namun yang dikeluarkan alat tersebut adalah dokumen kependudukan yang dibutuhkan masyarakat.

Sungkono menerangkan dokumen kependudukan yang bisa dicetak alat itu seperti KTP elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA) dan dokumen kependudukan lainnya.

Baca Juga :  Mudik Lebaran 2024, 196 Juta Perantau Bakal Pulkam

“Akta kematian dan akta kelahiran juga bisa,” ujar dia.

Spesifikasi ADM yang bakal diterima Wonogiri di antaranya memiliki tinggi 205 sentimeter, panjang 80 sentimeter dan lebar 60 sentimeter. Sementara daya listrik yang dibutuhkan alat tersebut 350 watt.

Diharapkan, ADM bakal dipasang tak jauh dari Kantor Disdukcapil. Itu supaya stok blangko KTP elektronik ataupun kertas lain untuk dokumen kependudukan bisa terus dipantau. Selain itu, ADM seyogyanya juga terpasang di area yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

Selain itu, letak ADM juga harus bisa diawasi oleh petugas keamanan mengantisipasi adanya ulah jail yang bisa merusak ADM. Sebab menurut Sungkono, harga ADM lumayan mahal, sekitar Rp 200 juta.

Baca Juga :  Wajib Tahu!Jadwal Oneway Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 via Tol Cipali

“Selain itu kita perlu siapkan tempatnya, ruangnya harus tertutup seperti ATM, harus ber-AC juga. Sebab printer KTP elektronik yang pakai fargo itu bekerja di suhu dingin, kalau suhu ruangan tidak dingin ngadat,” terang Sungkono.

Sebagai informasi, Wonogiri memang pernah dijanjikan bakal mendapatkan ADM dari pusat. Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh saat berkunjung ke Kota Sukses Mei 2021 lalu. ADM diberikan sebagai “hadiah” setelah Disdukcapil Wonogiri menjalankan program inovasi Telunjuk Sakti yang memudahkan pelayanan untuk masyarakat hingga ke pedesaan dan diharapkan bisa direplikasi di kabupaten/kota lainnya. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com