JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Madu Hitam, Rendah Air, Tinggi Antioksidan, Pahit Rasa dan Beragam Khasiatnya

Madu hitam bermanfaat mengurangi gejala tukak lambung atau maag akibat infeksi bakteri Helicobacter pylori. Khasiat madu hitam juga untuk mengurangi bekas jerawat, meminimalkan risiko penyakit jantung, dan asam urat.

Menurut riset British Journal of Cancer, madu hitam dapat mencegah kanker payudara. Madu hitam juga dapat mencegah Alzheimer (penyakit yang menganggu sel otak, sebagaimana studi yang dilakukan oleh American Academy of Neurology. Madu hitam juga bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan, sehingga baik untuk menjaga berat badan.

Baca Juga :  Demam Biasa dan DBD Tidak Sama Lho, Ini Bedanya Biar Tak Salah Penanganan

Madu hitam tak hanya bersumber dari nektar mahoni. Di beberapa negara ada madu hitam yang bersumber dari lebah yang mengisap nektar dari bunga soba (Fagopyrum esculentum).

Riset yang dilakukan University of Illinois menemukan, bahwa madu yang bersumber dari nektar bunga soba mengandung 20 kali antioksidan. Kandungan antioksidan madu hitam soba dapat memperlambat oksidasi zat lain. Khasiatnya juga untuk melawan efek racun dari radikal bebas penyebab kerusakan DNA yang mengakibatkan masalah terkait usia seperti radang sendi, stroke dan kanker.

Baca Juga :  Mitos Seputar Nyamuk yang Sering Muncul, Apa Saja?

www.tempo.co

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua