JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Mengaku Pegawai Dinas Sosial, Pria di Magelang Raup Jutaan dari Tipu-Tipu Berkedok Lowongan Kerja

Tersangka penipuan berkedok tawaran kerja dan mengaku pegawai Dinsos Magelang saat diamankan di Mapolres. Foto/Wardoyo
ย ย ย 

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Satreskrim Polres Magelang berhasil mengungkap kasus penipuan berkedok sebagai Pegawai Dinas Sosial Kabupaten Magelang.

Dengan iming-iming membantu lowongan pekerjaan packing masker, ia berhasil meraup jutaan rupiah dari korbannya.

Kapolres Magelang, AKBP Mochammad Sajarod Zakun melalui Wakapolres Magelang Kompol Aron Sebastian didampingi Kasihumas Akp Abdul Muthohir dan Kapolsek Srumbung AKP Sumino menggelar Konferensi Pers di Loby Mapolres Magelang, Sabtu (15/01/2022).

Wakapolres Magelang Kompol Aron Sebastian menyampaikan keberhasilan Polres Magelang mengamankan tersangka AM (50) warga Desa Bumirejo Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang atas dugaan tindak pidana penipuan dengan modus menjanjikan suatu pekerjaan kepada korban SWI (18) dengan mengaku sebagai Pegawai Dinsos.

โ€œTersangka mengaku sebagai Pegawai Dinsos Kabupaten Magelang dan menawarkan pekerjaan kepada korban sebagai tenaga packing masker di rumah dengan gaji Rp 350 ribu per-mingguโ€ ujar Aron.

Kejadian berawal pada hari Minggu (2/1/2022) sekira Pukul 15.30 WIB, tersangka sedang lewat di rumah Korban diketahui berinisial SWI, warga Desa Pucunganom, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang dan bertemu dengan ayah korban di depan rumah.

Baca Juga :  Pabrik Pil Koplo Beromzet Triliunan Rupiah di Semarang Digerebek BPOM

AM mengaku pegawai Dinas Sosial Kabupaten Magelang dan menanyakan apakah ayah korban memiliki anak yang belum bekerja.

Lalu AM menawarkan pekerjaan kepada korban sebagai tenaga packing masker di rumah dengan gaji Rp 350 ribu per-minggu.

Karena korban SWI berminat, AM kemudian menyuruh ayah korban untuk mengambil brosur di Kantor Pos ditempel.

Saat ayah korban pergi tersebut AM meminta Handphone milik korban dengan alasan sebagai syarat jaminan nomor Handphone yang dapat dihubungi.

โ€œAM juga meminta kalung emas milik korban dengan alasan sebagai jaminan, AM juga meminta Handy Talky milik korban. Selang 30 menit, ayah korban datang dari Kantor Pos Tempel dan mencari keberadaan Tersangka karena di sana tidak menemukan brosur yang dimaksud Tersangka AM. Lalu korban beserta ayah dan ibunya sadar telah menjadi korban penipuan dan berusaha mencari AM namun tidak ketemu”, jelas Aron.

Baca Juga :  Empat Pria Setengah Mabuk Aniaya Pemilik Cafรฉ di Semarang Diringkus Polisi

Atas kejadian tersebut korban menderita kerugian sekitar 9 juta rupiah dan melaporkan kejadian ke Polsek Srumbung.

“Pelaku ini adalah residivis kasus penipuan yang sama di Yogjakarta tahun 2017,”Ungkap Aron.

Mendapat laporan dari Korban, Tim Resmob Sat Reskrim Polres Magelang dan Unit Reskrim Polsek Srumbung langsung melakukan penyelidikan dan dari hasil penyelidikan tersebut tim dapat mengidentifikasi Pelaku.

Tim dapat mengamankan tersangka di salah zatu Hotel di Kota Magelang Rabu (2/1/2022) dan menyita barang bukti di Hotel dan di kost tersangka di daerah Mertoyudan Magelang.

Tersangka AM telah melanggar pasal 378 K.U.H.Pidana dengan ancaman hukuman penjara paling lama 4 (empat) tahun penjaraโ€, tutup Aron. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com