JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Menguak Pesona Wisata Kemuning Karanganyar yang Mendunia. Dari Bukit Teletubbies Hingga Jeep Adventure Dapat Rp 1,4 Miliar

Pesona Bukit Kemuning di Ngargoyoso Karanganyar yang dikunjungi rombongan Gubernur Ganjar Pranowo, Minggu (30/1/2022). Foto/Humas Prov
ย ย ย 

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Kawasan wisata di Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata alam nan menawan.

Beragam potensi wisata alami tersaji di wilayah lereng gunung Lawu ini. Tak hanya hamparan bukit teh nan hijau dan udara segar, Desa Kemuning ternyata juga menyimpan pesona wisata lain nan menjanjikan.

Hal itu diungkapkan oleh Kades Kemuning, Widyoko saat menerima kunjungan Gubernur Ganjar Pranowo, Minggu (30/1/2022).

Saat berbincang dengan Ganjar, Widyoko sempat menerangkan bagaimana perjuangannya mengangkat potensi di Kemuning hingga bisa terkenal seperti saat ini.

โ€œIni mulai tahun 2014 Pak. Saat itu kami bersama anak-anak muda di desa ini memetakan potensi yang bisa dikembangkan. Kemudian muncul ide mengembangkan pariwisata,โ€ kata Widyoko seperti dilansir Humas Pemprov Jateng, Minggu (30/1/2022).

Baca Juga :  Gugatan Ganjar-Mahfud di MK, Anggap Suara Prabowo-Gibran 0 di Semua Daerah, Gibran: Mungkin Pak Ganjar Ngelawak

Ia menerangkan awal wisata yang dibuat adalah susur sungai menggunakan ban bekas atau tubing.

Meski tidak mudah karena harus menyadarkan masyarakat tidak buang limbah ke sungai, namun akhirnya wisata itu berhasil jalan dan banyak diminati.

โ€œSetelah itu kami kembangkan lagi, sekarang jadi ramai. Ada Jeep adventure, pasar tradisional, Taman Bintang dan ada juga bukit Teletubies yang bisa digunakan untuk wisata adrenalin paralayang. Penghasilannya lumayan besar, untuk Jeep adventure saja pernah empat bulan dapat Rp 1,4 miliar,โ€ jelasnya.

Tak hanya memikirkan desanya, Widyoko saat ini sudah berkoordinasi dengan sejumlah kades lain di daerah Tawangmangu. Tujuannya untuk saling berkoordinasi dan kolaborasi.

Ganjar yang menempuh perjalanan panjang Semarang-Karanganyar, dengan menggunakan sepeda motor bersama rombongan, tak bisa menyembunyikan kekagumannya.

โ€œDaerah ini indah sekali, wisatanya berkembang pesat dan sekarang dikunjungi banyak wisatawan. Saya dengar warga desa ini tidak ada seorangpun yang pengangguran. Semua bekerja dan dapat penghasilan dari sektor pariwisata,โ€ kata Ganjar.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Mendengar penuturan Widyoko, Ganjar mengaku terkesan.

โ€œPanjenengan keren. Saya mendengar dan melihat sendiri bagaimana desa ini sekarang sukses. Ide kreatif muncul, kolaborasi antara anak muda dengan pemerintah desa muncul, sehingga desanya maju,โ€ beber Ganjar.

Gubernur pun mengajak kades-kades lain di Jateng untuk belajar ke Desa Kemuning.

Sebab selain bisa mengembangkan desanya, masyarakat juga mau bersama berkolaborasi antardesa tetangga, agar kemajuan tidak parsial, namun semua bisa maju bersama.

โ€œKalau mau desanya berkembang, kamu bisa belajar pengelolaan desa ke sini. Tidak hanya membuat wisata desa yang cantik, tapi juga mengedepankan kolaborasi bersama untuk memakmurkan masyarakat,โ€ pungkas Ganjar. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com