JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Minyak Jelantah Jangan Dibuang, Sulap Saja Jadi Lilin!

Workshop pembuatan lilin dari minyak jelantah / Foto: Istimewa

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Jelantah, atau minyak goreng yang sudah beberapa kali digunakan, biasanya menjadi barang tak terpakai dan harus dibuang.

Namun ibarat pepatah “dibuang sayang”, minyak jelantah tersebut, dengan sentuhan teknik tertentu bisa disulap menjadi lilin yang bermanfaat untuk penerangan.

Teknik membuat lilin dari minyak jelantah itulah yang disampaikan dalam workshop oleh Prodi Politeknik Santo Paulus Surakarta di Dusun II Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga :  Defile Tank dan Pasukan Tempur Sambut Danyonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad

Workshop tersebut diikuti oleh sebanyak 30 orang ibu-ibu di kampung tersebut.

Menurut Ketua tim, Henny Parida Hutapea, S. Si., M. Sc, kegiatan itu merupakan bentuk kerjasama dari Proklim (Program Kampung Iklim) Dusun II Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo dengna Prodi Politeknik Santo Paulus Surakarta.

Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat bisa memnafaatkan minyak jelantah yang merupakan limbah menjadi sesuatu yang berguna.

“Kegiatan pengelolaan minyak jelantah sudah difasilitasi oleh Bank Sampah Bunga Raya, unit di bawah Proklim,” jelasnya, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Nasabah bank sampah bisa setor sampah salah satunya minyak jelantah dan dibeli oleh bank sampah untuk selanjutnya dijual kepada penjual besar.

Baca Juga :  Kisah Viral Petani di Sukoharjo Kena Tilang Saat Pulang Takziah Lewat Jalan Persawahan. Benarkah Kamera ETLE Sudah Merambah Persawahan?

Namun apabila masyarakat sudah bisa membuat olahan barang dari minyak jelantah dan dikomersialkan seperti sabun dan lilin, malah akan menjadi unit usaha bank sampah itu sendiri, Ungkap Nanik Purwati, SH selaku manager bank sampah. Suhamdani

Bagi Halaman