JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Pasien Omicron Akan Mengalami Gejala Khas yang Berbeda dari Varian Delta

Varian omicron. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Pasien omicron akan mengalami gejala yang berbeda dengan Covid-19 varian Delta. Seperti dilansir dari Healthline, gejala-gejala khas yang akan dialami seseorang setelah terinfeksi Covid-19 varian Omicron adalah sebagai berikut:

– Batuk
– Demam
– Flu
– Sakit kepala
– Tenggorokan sakit
– Kelelahan
– Nyeri otot

Ketua di Envision Healthcare, Adam Brown, mengatakan batuk kering dan demam bisa menjadi gejala Omicron namun tidak selalu dialami oleh setiap pasien seperti halnya gejala varian Delta.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

“Kebanyakan orang yang terinfeksi Omicron dimulai dengan sakit tenggorokan, nyeri tubuh, hingga sakit kepala. Gejala itu berkembang selama beberapa hari,” katanya.

Perbedaan yang ditemukan pada gejala varian Omicron dengan Delta yaitu varian Delta umumnya pasien akan mengalami hilang rasa dan tidak bisa mencium bau. Sedangkan varian Omicron justru tidak. Bahkan, masalah yang biasanya berkaitan dengan gangguan fungsi paru-paru pada varian Delta juga jarang terjadi pada seseorang yang terinfeksi Omicron.

Meskipun seseorang yang sudah divaksin masih bisa memiliki peluang terpapar Omicron, namun diperkirakan hanya akan mengalami gejala seperti flu biasa. Sedangkan bagi seseorang yang belum divaksin dan mereka dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah cenderung memiliki peluang lebih tinggi mengalami dampak serius akibat Covid-19, bahkan dengan Omicron yang biasanya memiliki gejala ringan.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Gejala yang dialami pun akan berlangsung lebih lama dan buruk. Gejala yang dirasakan dimulai dari flu biasa kemudian berkembang menjadi masalah pernapasan yang lebih parah seperti batuk, nyeri tubuh yang melemahkan, sakit kepala, gagal pernapasan, hingga kematian.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com