JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Perhatian, Pintu Air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Dibuka Hari Ini. Debitnya 170 Meter Kubik Per Detik

Aktifitas memancing di pintu keluar Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. JSNews. Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Saat ini pintu air spillway Waduk Gajah Mungkur Wonogiri dibuka. Pemkab setempat menegaskan tidak terjadi genangan air di pemukiman warga.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan pada Kamis (20/1/2022) malam, pihaknya mendapatkan informasi terkait pembukaan pintu air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Pintu air atau spillway yang dibuka adalah yang baru.

Informasi yang diperoleh berasal dari Perum Jasa Tirta 1 Wilayah Sungai Bengawan Solo. Meski begitu, pihaknya tidak mengetahui apa alasan pembukaan pintu air itu.

Baca Juga :  Bencana Tanah Longsor di Sumber Nguneng Puhpelem Wonogiri, Lokasi Terus Dimonitor

“Itu hal teknis. Yang jelas kami mendapatkan informasi dari PJT. Pintu air spillway baru, dibuka Kamis malam sekitar pukul 19.45 WIB,” terang Bambang Jumat (21/1/2022).

Usai mendapatkan informasi pembukaan pintu air spillway baru, kata Bambang, pihaknya berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Dia memastikan, hingga Jumat siang tidak ada dampak akibat pembukaan pintu air spillway baru. Misalnya genangan air di pemukiman warga.

“Masih aman. Tidak ada dampak. Kami juga koordinasikan hal tersebut ke BPBD provinsi, juga diteruskan ke Jawa Timur juga di sepanjang aliran sungai Bengawan Solo,” beber Bambang.

Baca Juga :  Cara Membedakan Jalan Nasional Provinsi dan Kabupaten, Cukup Lihat Warnanya Saja

Lalu berapa debit air yang keluar dengan pembukaan pintu air spillway baru? Bambang menuturkan, berdasarkan informasi yang diterimanya total debit yang keluar sekitar 170 meter kubik per detik.

“Yang jelas saat ini belum ada dampak akibat itu. Memang tahun kemarin ada dampak genangan di pemukiman setelah ada pembukaan pintu air. Tapi sampai saat ini tidak ada,” kata dia. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com