JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sebelum Mengkonsumsi Vitamin D,  Ketahui Aturan Penggunaan dan Efek Sampingnya

Ilustrasi

JOGLOSEMARNEWS.COM – Mengkonsumsi vitamin D memang sangat penting dalam menjaga kesehatan. Selain meningkatkan imunitas tubuh, vitamin D juga baik untuk menjaga perkembangan otot.

Dilansir tempo.co,  paparan sinar matahari menjadi peran penting dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh, mengkonsumsi makanan bergisi dan suplemen juga dapat memenuhi vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

Yang perlu kita ingat tidak banyak makanan yang memberikan nutrisi vitamin D, dan minimnya sinar matahari dikala musim dingin ini sulit bagi kita memeperoleh vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga perlu adanya suplemen untuk mengimbanginya.

Baca Juga :  Awas, Penyakit Cacar Monyet Bisa Menular dari Hewan ke Manusia

Perlu kita ketahui penggunaan suplemen vitamin dikonsumsi hanya untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh, salah satunya bila asupan vitamin yang diperoleh tubuh belum cukup jika hanya diperoleh dari makanan.
Lalu apa yang terjadi jika kita terlalu banyak mengkonsumsi suplemen vitamin D pada tubuh kita?

Dampaknya kita dapat mengalami hipervitaminosis D. Hipervitaminosis D merupakan kondisi langka yang terjadi dalam tubuh manusia yakni penumpukan vitamin D  dalam tubuh, yang bisa terjadi akibat terlalu banyak asupan vitamin D dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan keracunan.

Baca Juga :  Nutrisi Telur Ayam dan Bebek, Lebih Banyak Mana?

kelebihan mengkonsumsi vitamin D ini dapat menyebabkan kelelahan, kehilangan nafsumakan, menurunkan berat badan, buang air berlebihan, dehidrasi dll.

Lama-kelamaan penderita hiperviatminosis D akan mengalami kelebihan kalsium dalam tubuh (hiperkalsemia). Kondisi ini dapat mengganggu kinerja ginjal, meningkatkan risiko terjadinya perngeroposan tulang, dan pembentukan plak kalsium pada pembuluh darah.

Pada umumnya angka kecukupan vitamin D beragam dari usia dan jenis kelamin yakni 10 mcg hingga 20 mcg tiap harinya.  Amandha Tito Nursahid

Bagi Halaman