JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Sinergi Paryono Dengan Dinsos Karanganyar Berhasil Kucurkan Bantuan Untuk Kearifan Lokal Rp50 Juta Per Program

Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sinergi manis Anggota Komisi VIII DPR-RI Paryono SH MH dengan Dinas Sosial Dinsos Kabupaten Karanganyar, Jateng berhasil mewujudkan program bantuan berjudul Kearifan Lokal yang berasal dari Kementrian Sosial sebesar Rp50 juta per program. Paryono berharap program bantuan yang tergolong baru tersebut dapat diserap dipedesaan di Karanganyar guna pemberdayaan desa.

Adapun sebagai pilot project, Paryono membawa program tersebut di Desa Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar, Jumat (14/1/2022). Yakni berupa pemberdayaan potensi lokal mulai dari kesenian, keragaman desa, olahraga, kuliner desa dan banyak lagi.

“Model bantuan berupa kearifan lokal ini merupakan yang pertama kali yang mana bantuan itu sebesar Rp50 juta dari Kemensos tapi peruntukkannya untuk mendorong kemandirian potensi yang ada di desa,” ungkapnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (14/1/2022).

Menurut Paryono bantuan Rp50 juta itu sifatnya untuk kegiatan misalnya bantuan alat karawitan, bantuan operasional untuk pembuatan kue dengan menghadirkan chef atau koki handal agar warga bisa tahu ilmu cara membuat roti. Dengan demikian lanjut Paryono semua potensi yang ada di desa bisa tersupport stimulan anggaran bantuan kearifan lokal.

Sementara itu Kepala Dinsos Karanganyar, Marno pada sambutannya mengatakan instrumen bantuan kearifan lokal sangat berpeluang bagi desa yang memiliki potensi maju. Pasalnya bantuan itu memang bukan untuk kegiatan pembangunan fisik melainkan untuk pengembangan potensi keragaman yang ada di desa.

“Ya dari Kemensos banyak anggaran bantuan untuk itu kami berharap desa yang ada di Karanganyar bisa meraihnya tentu dengan persyaratan yang ditentukan oleh kementrian sosial,” ujarnya. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com