JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sosok Eka Uget-Uget, Seniwati Cantik Asal Sragen yang Lagi Naik Daun Berkat Goyangan Unik. Bangga Pernah Tampil di Depan Bu Menteri Sri Mulyani dan Unesco (Bag 1)

Tekadnya menjadi seniwati diteruskan dengan melanjutkan studi ke Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Selama perjalanan menimba ilmu di bangku sekolah hingga kuliah, waktunya juga diisi dengan menerima job mentas dan manggung.

Tampil di Kemendikbud dan Menkeu 

Selain menyanyi campursari, ia kerap tampil sebagai seniwati di pentas wayang. Di setiap pentas, ia tak lupa menghibur dengan goyangannya yang khas yang kemudian membuatnya dijuluki Eka Uget-Uget.

Menurutnya goyangan itu masih dalam batas wajar dan menjadi salah satu inovasi untuk menghibur audiens.

“Karena dunia seni juga harus selalu OTW (on the way atau berkembang) untuk selalu mencari inovasi. Saya njoget itu untuk menghibur, apalagi sekarang kan ada fenomena sinden ngadeg (berdiri), ya harus mengikuti,” urainya.

Baca Juga :  Pendapatan RSUD Sragen Kalah dari Karanganyar, Benarkah Hanya Karena Perkara Senyuman!

Eka mengaku sudah terjun ke dunia pentas sejak masih di bangku sekolah.

Tak hanya lokal, berkat goyangan unik dan suara emasnya, ia kerap diminta tampil di acara-acara besar skala regional hingga nasional.

Termasuk, salah satu penampilannya yang hingga kini sangat berkesan ketika diundang di acara Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di Jakarta dan Kemendikbud 7 tahun silam.

Baca Juga :  Gegara Tronton Terguling, Jalan Sragen-Tanon Macet Seharian. Arus Terpaksa Buka Tutup

“Ya sudah lumayan lama. Pentasnya selain di lokal Soloraya, pernah pentas di luar Jawa juga. Seperti di Kalimantan, Palembang dan Riau. Kalau yang berkesan saat tampil di acara DJP yang Dihadiri Bu menteri Sri Mulyani (Menteri Keuangan). Lalu saat tampil di peringatan Hari Ibu Nasional Kemendikbud di Jakarta 2015 lalu dan dihadiri perwakilan Unesco. Rasanya sangat seneng dan bangga, bisa menunjukkan bahwa petinggi-petinggi kita juga mau budaya Jawa dan seni tradisional,” jelasnya. (Wardoyo/Bersambung)

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua