JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sudah Digerebek,  di Kantor Inilah 14 Aplikasi Pinjol Ilegal Dikendalikan!

Berdasarkan informasi yang Tempo himpun, sejumlah aplikasi pinjol lainnya yang beroperasi di sana adalah Kantung Rupiah, Dana Roket, Modal Uang, Tercepat, Uang Tunai, Cashworld, Pinjaman Kedua, dan Lava. Dalam penggerebekan itu, polisi menangkap 99 orang, di mana 1 orang merupakan manajer dan sisanya adalah karyawan biasa.

Menurut Zulpan, 98 karyawan itu dibagi menjadi dua kelompok yang memiliki tugas yaitu, mengingatkan para peminjam uang baik manakala jatuh tempo mereka sudah hampir tiba maupun jika sudah terlambat. Zulpan mengatakan setidaknya ada 14 aplikasi pinjol ilegal yang dikelola oleh kantor tersebut.

Baca Juga :  Megawati Siap Pecat Kader Bermanuver Soal Capres, Puan: Jangan Ada yang Baper

Ia menjelaskan, sebanyak 48 karyawan bertugas untuk mengingatkan peminjam untuk membayar pinjamannya 1-2 hari sebelum jatuh tempo. Sisanya, 50 orang, bertugas untuk mengingatkan peminjam yang terlambat membayar pinjamannya.

“Dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu keterlambatan 1- 7 hari ada timnya sendiri. Kemudian 8-15 hari, kemudian 16-30 hari, serta 31-60 hari,” tutur Zulpan.

Baca Juga :  Ditugasi Megawati, Puan: Semua Ketua Umum Parpol Akan Kami Temui Jelang Pemilu 2024

Ia pun memastikan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya akan mencari penyuplai dana ke perusahaan pinjol tersebut. Alasannya, perusahaan pinjol itu memiliki batas tertinggi pinjaman dengan nominal yang cukup besar dan sudah banyak korban yang terbuai sejak Desember tahun lalu. “Terendah adalah Rp 1,2 juta, kemudian tertinggi adalah Rp 10 juta,” ucap Zulpan.

www.tempo.co

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua