JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei WRC: Elektabilitas Airlangga Tertinggi, Posisi Golkar di Puncak

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, saat Konferensi Pers Ratas Evaluasi PPKM, Senin (3/1/2022). Istimewa
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Seiring dengan Partai Golkar yang berada di puncak, Airlangga Hartarto pun memiliki elektabilitas paling tinggi sebagai Capres 2024.
Posisi Airlangga Hartarto tersebut tetap berada di puncak peringkat baik ketika dipersaingkan dengan Ketua Parpol maupun tokoh non Ketua Parpol.

Demikian setidaknya yang terekam melalui survei yang digelar oleh , Warna Research Center (WRC) tentang perubaan persepsi dan perilaku memilih masyarakat Indonesia.

Direktur Eksekutive WRC, Rinjani Dwi SE, MSi seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews menjelaskan, survei tersebut digelar seiring dengan memanasnya atmosfir politik Indonesia belakangan ini.

Dijelasan, dari 2.435 responden, ketika dilakukan simulasi nama-nama Ketum Parpol dengan pertanyaan jika Pilpres digelar hari ini, maka Airlangga Hartarto memiliki elektabilitas tertinggi.

โ€œArtinya, nilai kemungkinan keterpilihan Airlangga paling tinggi dan dianggap sebagai representasi sosok presiden mendatang, dengan mengantongi 24,3%,โ€ paparnya.

Sementara di bawahnya ada nama Prabowo Subianto 22,5%, Agus Harimurti Yudhoyono 8,3%, Zulkifli Hasan 7,4%, Surya Paloh 6,5%, Megawati Soekarno Putri 6,5%, Muhaimin Iskandar 4,7%.

Untuk Ahmad Syaikhu hanya mendapatkan 5,9% suara saja, Suharso Monoarfa 5,3% dan yang tidak memilih 8,6%.

Baca Juga :  AHY: Kalau Kita Masih di Koalisi Perubahan, Hancur

Ketika dipersilangkan dengan tokoh-tokoh non ketua umum Parpol, termasuk nama-nama yang sudah lebih dulu populer, ternyata nama Airlangga masih mampu bertengger di urutan teratas dengan mengantongi 17,9%.
Capaian itu bahkan jauh melampaui Prabowo Subianto yang hanya memperoleh 14,1% suara responden.

Ganjar Pranowo yang cukup โ€œSeksiโ€ sebagai Capres, malah berada di bawah Prabowo dengan angka 13,2%, lalu Dudung Abdurrahman 8,6%, Puan Maharani 8,1%, Agus Harimurti Yudhoyono 4,9% dan Muhaimin Iskandar 4,7%.

Anies Baswedan yang juga sudah mulai โ€œgerilyaโ€ di daerah, melalui survei ini hanya memetik 3,5%, Sandiaga Salahudin Uno 1,7%, Zulkifli Hasan 1,7%, Surya Paloh 1,1%, sementara sebanyak 17,6 % responden tidak memilih.

Rinjani menjelaskan, tingginya tingkat keterpilihan Airlangga Hartarto tersebut menggambarkan bahwa masyarakat menginginkan penerus tongkat estafet Jokowi adalah tokoh atau Capres yang dianggap lebih tanggap dalam mengatasi masalah perekonomian masyarakat agar bisa meningkat nantinya.

Sementara, yang menginginkan dan memilih sosok Capres yang dianggap lebih tanggap dalam mengatasi masalah perekonomian masyarakat agar bisa meningkat dari saat ini, Airlangga mengantongi angka paling banyak, yakni 70,2%, jauh melampaui tokoh-tokoh lainnya.

Baca Juga :  116 Laporan ke Bawaslu Tak Ditindaklanjuti, TPN Ganjar-Mahfud Bawa 10 Boks Alat Bukti ke MK

Sementara itu, hasil survei mengenai elektabilitas Parpol, diketahui bahwa PDIP masih dikenal dan familier bagi masyarakat dengan tingkat kepopuleran mencapai 90,2%.
Partai Golkar berada di bawahnya, dengan perolehan angka 90,1%, disusul PKB 70,9, PKS 67,2%, Demokrat 70,8%, Nasdem 50,3%, PAN 65,8%, PPP 70,2% dan Hanura 30,2%.
Perindo di urutan berikutnya dengan 29,8%, PBB 20,6%, Berkarya 19,2%, PKPI 10,2% dan di posisi berikutnya PSI dengan angka 9,2%.

Sedangkan Partai Baru yang berusaha ikut dalam kompetisi Pemilihan Umum terdapat Partai Gelora dikenal oleh 7,2 %, Prima 11,9%, Garuda 10,2% dan Partai Umat besutan Amien Rais hanya memperoleh 5,2%.

Rinjani menjelaskan, metodologi Survei digelar pada 2 Januari 2022 โ€“ 15 Januari 2022 dengan metode multistage random sampling.

Survei melibatkan 2.435 responden yang diwawancarai secara tatap muka serta komunikasi telepon secara proposional, yang penyebarannya di 34 provinsi. Survei ini memiliki margin of error 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com