JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tanah Longsor di Gerdu Giripurwo Wonogiri, Sepanjang 10 Meter dengan Lebar 4 Meter Dikhawatirkan Berdampak ke Rumah Warga Akhirnya ini yang Dilakukan

Tanah longsor
Kerja bakti pemulihan longsor Gerdu Giripurwo Wonogiri. Dok. BPBD Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Hujan deras dengan durasi lama disertai angin kencang di Ngadirojo dan Wonogiri pada Sabtu (15/1/2022) lalu mengakibatkan bencana alam. Sejumlah pohon di Kecamatan Ngadirojo roboh, sementara tanah longsor terjadi di wilayah Kecamatan Wonogiri.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan di Kecamatan Wonogiri, angin kencang juga mengakibatkan sejumlah dahan dan ranting pohon patah. Kejadian itu terjadi tepatnya di depan warung makan Menir di Lingkungan Donoharjo Kelurahan Wuryorejo.

Bambang menegaskan, tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian-kejadian itu. Untuk kerugian material ditaksir sekitar Rp4,5 juta. Upaya pemulihan pun segera dilakukan oleh relawan BPBD bersama TNI/Polri, PMI perangkat, dan warga setempat.

Selain angin kencang, tanah longsor juga terjadi akibat hujan deras. Pekarangan tanah yang berada di sebelah utara tumah milik Sugeng Prayitno, warga Lingkungan Gerdu RT 1 RW 5 Kelurahan Girupurwo Kecamatan Wonogiri longsor Sabtu lalu sekitar pukul 17.00.

Baca Juga :  Menjaga Kebiasaan Pola Makan Teratur Setelah Ramadhan, Tetap Sehat dan Bugar

“Longsor itu diakibatkan hujan deras dengan intensitas tinggi,” ujar Bambang, Minggu (16/1/2022).

Dia menerangkan, tanah yang longsor itu memiliki panjang sepuluh meter dan lebar empat meter. Longsor Gerdu Giripurwo Wonogiri itupun ditangani pada Minggu pagi karena dikhawatirkan akan berdampak ke rumah Sugeng Prayitno.

“Tidak ada korban jiwa akibat longsor Gerdu Giripurwo Wonogiri ini. Teman-teman (relawan) bersama dengan kepolisian dan warga setempat juga sudah turun untuk menangani dampak bencana,” kata Bambang.

Sementara hujan deras dengan durasi lama diikuti angin kencang yang terjadi di Desa Ngadirojo Kidul Kecamatan Ngadirojo mengakibatkan sejumlah dampak. Dampak itu diantaranya adalah pohon tumbang dan genting rumah warga tersapu angin.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Malas Masuk Kerja Pasca Libur Lebaran 2024 yang Panjang

Kejadian yang pertama, yakni sebuah pohon jati ambruk menimpa sebagian ataap gedung PLKB Ngadirojo. Selain itu, sebuah pohon sinisida juga roboh di sebelah utara lapangan futsal di Dusun Sanggrahan Desa Ngadirojo Kidul

“Ada juga pohon jati yang roboh dan sempat melintang di jalan di Dusun Sanggarah RT 02 RW 08 Desa Ngadirojo Kidul,” kata Bambang.

Selain itu, atap bangunan rumah warga di Dusun Sanggrahan RT 01 RW 08 Desa Ngadirojo Kidul tersapu angin. Setidaknya, ada tiga rumah warga yang gentingnya tersapu angin. Kerusakan ringan, beberapa genting rumah pecah. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com