JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Unisri Surakarta Gelar Pengenalan Budaya Jawa pada Mahasiswa PPMM

Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar seminar Pengenalan Kesenian Tradisional Jawa, bertempat di ruang seminar lantai3 kampus B, (17/1/2022).

Ketua pelaksana acara, Andri Astuti menyampaikan kegiatan itu  merupakan salah satu rangkaian acara Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PPMM) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Sebagai perguruan tinggi penerima pertukaran mahasiswa merdeka dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, Unisri berusaha mengenalkan budaya Jawa kepada mahasiswa yang berasal dari luar Jawa.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

Karena itu menurut Andri, acara tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman  terkait keragaman budaya di Indonesia.

“Harapannya  bisa menumbuhkan rasa saling menghormati dan memiliki rasa toleransi yang tinggi. Dengan menghadirkan Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, kami berharap mahasiswa luar Jawa bisa mengenal keragaman Budaya Jawa,” jelasnya, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Acara dibuka oleh Rektor Unisri, Prof. Dr. Ir. Sutardi. MAppSc. Dalam sambutannya Rektor  sangat bersyukur dengan adanya program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tersebut.

Sebab melalui program itu,  mahasiswa bisa dipertemukan dari dari sabang sampai Merauke. Menurutnya,  Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika merupakan pilar yang sangat ampuh, yang bisa menjadi perekat dan pemersatu bangsa Indonesia yang tentunya menjadi fondasi.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

Sementara dalam paparannya Gusti Puger menyampaikan bahwa kegiatan itu sangat perlu dilaksanakan untuk membangkitkan jiwa peserta untuk lebih mengenal kesenian dan mampu berkarya.

“Selain melestarikan budaya Jawa serta mengenalkan nilai-nilai dasar dalam kebudayaan tradisional diharapkan kesenian ini mampu menjadi terobosan yang baru dalam dunia modern,” pungkasnya. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com