JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Wajah Pemandian Air Panas Bayanan dan New Kemukus Sragen Dibangun Makin Cantik, Bupati Langsung Minta Setoran PAD Naik 10 Kali Lipat

Wajah baru obyek wisata pemandian air panas Bayanan di Sambirejo Sragen. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Sragen menargetkan kenaikan setoran pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Tak tanggung-tanggung, setoran PAD ke depan ditargetkan naik 10 kali lipat dari saat ini. Perombakan sejumlah obyek wisata yang kini dipermak makin cantik, menjadi dasar kenaikan target tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati usai meresmikan obyek wisata Pemandian Air Panas Bayanan pasca revitalisasi.

Bupati menyampaikan anggaran yang digelontorkan untuk revitalisasi Bayanan sekitar Rp 4 miliar. Anggaran yang tak sedikit itu diharapkan bisa diimbangi dengan setoran PAD yang naik.

Baca Juga :  Bioskop legendaris Garuda Theatre Sragen: Kenangan Manis Masa Lalu
Lokasi tepi dermaga dan taman di New Kemukus yang indah saat petang. Foto/Wardoyo

Ia meminta hasil pembangunan di Bayanan yang sudah baik itu diharapkan bisa terus dijaga.

Sama halnya Bayanan, obyek wisata seperti Gunung Kemukus juga dibentuk tata kelola Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) agar lebih leluasa mengatur kebutuhan.

Selanjutnya tinggal mengatur setoran Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk pemandian air panas Bayanan, bupati akan melihat kemampuan dahulu.

“Karena sudah bagus ya target pendapatan harus mampu 10 kali lipat. Kalau melihat kondisi sekarang ya sekitar Rp 2 miliar,” urainya.

Yuni menyampaikan di wilayah Bayanan, ada sekitar 4 hektar lahan warga yang ditawarkan ke Pemerintah kabupaten Sragen untuk dibeli.

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Bintang Lima dan Terbaik TOP BUMD Awards 2024: Inilah Bukti Keunggulan RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen

Selain itu ada lokasi yang bisa digunakan untuk konservasi hewan. Jika anggaran memungkinkan ia berharap ke depan bisa dikonsep menjadi wisata terpadu.

”Selain itu ada jalan tembus ke Ngunut potensial,” ujarnya.

Sementara Asisten 2 Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sragen Tugiyono menyampaikan Bayanan yang baru ini sudah dipermak dengan besaran anggaran Pagu Rp 4,4 miliar dari DAK tahun 2021.

Pembangunan meliputi toilet 2 paket, tempat parkir, tempat ibadah, panggung kesenian, landscape 2 paket, gazebo 20 unit, lampu taman 20 unit. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com