JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Watu Cenik, Melihat Keindahan Wonogiri dari Ketinggian

Objek wisata Watu Cenik di Wonogiri / Foto: Selvia Safitri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah perbukitan menjadi tempat favorit banyak orang untuk berwisata, karena pemandangan yang indah dapat dilihat dari atas bukit.

Kabupaten Wonogiri yang sebagian wilayahnya perbukitan, dijadikan tujuan bagi para wisatawan untuk berlibur di akhir pekan.

Salah satu destinasi wisata di Wonogiri adalah Watu Cenik. Wisata ini berada di kawasan perbukitan, sekitar 7,5 kilometer sebelah selatan dari pusat kota Wonogiri.

Watu Cenik sendiri terletak di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Waktu tempuh ke Watu Cenik dari kota wonogiri sekitar 20 menit. Pengunjung harap berhati-hati, karena setelah memasuki kawasan pegunungan, rute yang dilalui untuk menuju ke wisata ini menanjak dan cukup terjal.

Baca Juga :  2697 GTT Resmi Jadi PPPK di Wonogiri, Buktinya SK Sudah di Tangan

Sehingga, kondisi kendaraan harus diperhatikan. Selain itu diusahakan untuk pengendara tetap berhati-hati saat melewati rute ke wisata Watu Cenik.

Sampai di perkampungan pengujung akan menjumpai pos retribusi. Pengunjung hanya membayar tiket Rp 5.000 per orang untuk masuk ke wisata Watu Cenik.

Selanjutnya, pengunjung hanya mengikuti petunjuk arah untuk sampai ke Watu Cenik. Setelah itu pengunjung akan sampai di parkiran wisata, tiket pakir wisata ini hanya Rp 2.000.

Pengunjung melanjutkan perjalanannya dengan jalan kaki menjelajahi wisata Watu Cenik ini. Ada beberapa spot foto yang dapat digunakan pengunjung, yaitu balon udara, tiang love dan batu besar yang berada diujung.

Baca Juga :  Horee! Kades di Wonogiri Dapat Motor Baru, Jenis Bebek Metik atau Malah Trail yah?

Panorama yang luar biasa akan tersaji di depan mata. Dari atas bukit ini pengunjung akan melihat hamparan luas Kapubaten Wonogiri dan barisan pegunungan yang indah.

Waduk gajah mungkur pun terlihat dari utara ke selatan dan kapal-kapal nelayan pun terlihat begitu kecil dari atas bukit.

Berkunjung ke Watu Cenik akan sangat pas di pagi hari dan sore hari ketika cuaca cerah, karena pengunjung akan menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam.

Nama Watu Cenik berasal dari bahasa Jawa yakni Watu yang berarti batu dan Cenik atau pating cenik. Sehingga dapat diartikan batu kecil yang tersusun berdekatan di atas baru besar. Selvia Safitri

Bagi Halaman