JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

15 Menit yang Memporak-Porandakan Sragen. Satu Korban Meninggal Dunia

Ilustrasi puting beliung dan angin kencang. Dok/JSnews
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Terjangan angin puting beliung Senin (21/2/2022) petang memicu kerusakan di beberapa wilayah Sragen.

Meski hanya sekitar 15 menit, terjangan angin berkecepatan tinggi memporak-porandakan banyak lokasi.

Data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sragen, Senin (21/2/2022) malam, mencatat ada lima kecamatan dengan kerusakan terparah akibat puting beliung.

Lima kecamatan itu masing-masing Kecamatan Sragen, Sidoharjo, Karangmalang, Kedawung dan Mondokan.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Sragen, Agus Cahyono mengungkapkan berdasarkan data hasil assesment di lapangan, puting beliung Senin (21/2/2022) petang menerjang lima kecamatan.

Tim BPBD Sragen dan relawan saat melakukan evakuasi pohon tumbang, Senin (21/2/2022). Foto/Wardoyo

Kerusakan terbanyak adalah pohon tumbang merintang jalan, menimpa pekarangan dan lain-lainnya.

Baca Juga :  Gara-gara Jualan Obat Mercon Saat Bulan Suci Ramadhan Pemuda di Sragen Ditangkap Polisi Terancam Pidana

“Di Sragen Kota, kawasan hutan kota dan Technopark untuk isolasi mandiri pasien Covid-19 juga porak-poranda. Di Kedawung, SMKN 1 Kedawung juga banyak pohon tumbang dan fasilitas utama rusak. Kemudian ada kandang ayam yang roboh,” paparnya Senin (21/2/2022) malam.

Agus menguraikan angin puting beliung menerjang sekitar pukul 16.30 WIB bersamaan dengan hujan deras yang mengguyur wilayah Sragen.

Warga saat mengevakuasi jenazah bocah tewas tertimpa kandang ayam di Kedawung Sragen yang diterjang puting beliung, Senin (21/2/2022) petang. Foto/Wardoyo

Setelah menerima laporan, tim dari berbagai unsur relawan langsung bergerak melakukan penanganan ke lapangan.

Sejumlah wilayah juga mengalami lampu padam. Di antaranya di Sidoharjo dan Sragen Kota akibat jaringan listrik tertimba pohon tumbang.

Baca Juga :  Polda Jateng Gunakan Helikopter Untuk Pengecekan Persiapan Mudik Lebaran 2024 Dan Mendarat di Polres Sragen Cek Kesiapan Anggota

“Terkondisi sekitar jam 23.30 WIB,” jelasnya.

Agus menambahkan dari hasil pendataan, total ada 54 kerusakan pohon tumbang, 2 baliho besar roboh, tiga rumah rusak ringan, satu kandang ayam ambruk total, 8 sepeda motor rusak tertimpa pohon, satu tempat penggilingan padi tidak dan tower WiFi ambruk.

“Ada satu korban jiwa meninggal dunia tertimpa Kandangan ayam yang roboh di Desa Wonokerso, Kedawung. Korban meninggal bernama Ilham Deka Pratama usia 9 tahun asal Sepreh Kedawung. Meninggal saat berteduh di kandang ayam milik Joko, saat hujan deras dan angin kencang,” ujar Agus. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com