JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kabar Baik, Vaksinasi Booster di Sragen Dipercepat. Tak Perlu Tunggu 6 Bulan, Kini Minimal 3 Bulan Sudah Bisa!

Pengumuman percepatan vaksinasi booster. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen menggulirkan kebijakan program vaksinasi booster lebih cepat dari tenggat waktu sebelumnya.

Jika sebelumnya vaksinasi booster diperuntukkan bagi warga yang sudah vaksin minimal 6 bulan sejak dosis 2, kini persyaratan dipersingkat menjadi minimal 3 bulan setelah dosis 2.

Kepala DKK Sragen, Hargiyanto membenarkan program vaksinasi booster yang dipersingkat dari jeda 6 bulan menjadi 3 bulan setelah dosis 2.

Kebijakan itu dilaksanakan dalam rangka percepatan capaian vaksinasi booster di Kabupaten Sragen.

Selain itu, jeda waktu 3 bulan dinilai sudah tidak masalah dari sisi medis untuk mendapatkan suntikan booster.

“Iya kita persingkat jadi minimal 3 bulan sejak vaksin dosis 2. Tujuannya untuk percepatan vaksinasi booster karena saat ini capaian vaksinasi booster di Sragen masih rendah. Tapi yang jelas, dari sisi medis tidak masalah dan sudah bisa dilakukan bagi mereka yang sudah 3 bulan lebih vaksin keduanya,” ujarnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (21/2/2022).

Baca Juga :  Terlalu Semangat, Kakek 69 Tahun Tewas Saat Kencan dengan Janda Muda

Hargiyanto menjelaskan dari sisi kondisi, jeda 3 bulan sudah terjadi penurunan imunitas. Dengan suntikan booster akan meningkatkan kembali imunitas pada tubuh seseorang.

Terlebih, saat ini vaksin untuk booster sudah tersedia melimpah. Percepatan vaksinasi booster menjadi penting untuk membendung laju penyebaran Covid-19 serta menekan potensi seseorang untuk tertular varian Omicron.

Baca Juga :  Penjualan Kayu Jati di Desa Sribit Dipastikan Jadi Pendapatan Desa. Lahannya untuk Relokasi Korban Bengawan

“Vaksinnya juga sudah tersedia banyak. Kalau secara medis 3 bulan sudah boleh divaksin booster karena kekebalan tubuhnya sudah menurun, mengapa harus nunggu 6 bulan. Karena vaksin lengkap itu juga menjadi salah satu penangkal tertular covid-19,” tandasnya.

Vaksinasi booster percepatan ini menurut rencana akan digulirkan dalam waktu dekat ini.

Masyarakat bisa mengikuti vaksinasi booster di Puskesmas terdekat atau di sentra vaksinasi kabupaten di halaman UPTPK Pemda Sragen.

“Ini tinggal menunggu saja, sudah disiapkan dan vaksinnya juga sudah tersedia banyak. Untuk yang dosis 1 dan 2 sinovac, boosternya astrazeneca. Sedangkan yang dosis 1 dan 2 astrazeneca, boosternya pfizer,” tandasnya. Wardoyo

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com