JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Modal Tusuk Gigi, 4 Orang Sindikat Bobol 11 Titik ATM di Jateng dan Jabar. Awas Kebanyakan Sasar ATM di SPBU, Indomaret dan Alfamart, Raup Ratusan Juta

Dirreskrimsus Polda Jateng saat menggelar konferensi pers sindikat pembobol ATM di SPBU, Indomaret dan Alfamart. Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Jateng meringkus komplotan pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang beraksi di sejumlah wilayah di Jateng dan sekitarnya.

Komplotan pelaku yang digawangi 4 orang itu sudah beraksi di 11 lokasi berbeda yang tersebar di 3 propinsi (Banten, Jabar dan Jateng).

Tiga orang pelaku berhasil diamankan sementara 1 orang masih dalam pengejaran (DPO). Mereka diketahui merupakan jaringan Lampung dan Tangerang.

Para pelaku yang tertangkap yaitu EA (40) warga Tangerang, JA (42) warga Pesawaran Lampung, dan FR (39) warga Tanggamus, Provinsi Lampung.

Baca Juga :  Mohammad Saleh : Kosgoro 1957 Jawa Tengah Solid Dukung Airlangga Hartarto Pimpin Golkar Kembali

Keberhasilan itu terungkap saat digelar konferensi pers dipimpin oleh Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jateng Kombes Pol Djuhandani didampingi Kasubbid Penmas Bidhumas AKBP Dwi Retnowati.

Djuhandani mengatakan komplotan ini beraksi dengan modus mengganjal lubang kartu mesin ATM.

Sasaran dari pelaku adalah mesin ATM di lokasi SPBU dan minimarket (Alfamart dan Indomaret).

Komplotan pelaku beraksi di 11 lokasi berbeda yang tersebar di 3 propinsi (Banten, Jabar dan Jateng). Dari 11 lokasi, pelaku diperkirakan berhasil menggondol uang ratusan juta.

“Ketiganya memiliki peran berbeda dalam menjalankan aksinya, EA mengganjal mesin ATM dengan tusuk gigi dan menukar kartu ATM milik korban, sementara kedua pelaku lain mengintip nomor pin kartu ATM korban,” ujar Djuhandani kepada wartawan, Senin (31/1/2022).

Baca Juga :  Golkar Dorong Pasangan Ahmad Luthfi โ€“ Wihaji dalam Pilgub Jateng Nopember Mendatang

Pelaku dibekuk usai beraksi di titik terakhir di Jepara. Dalam menjalankan aksinya di Jepara, pelaku menggasak uang tabungan milik korban bernama Saeful Zani sebesar Rp 35 juta rupiah.

“Dihimbau kepada masyarakat untuk menjaga kerahasiaan PIN kartu ATM dan tidak mudah percaya jika ada orang tidak dikenal yang hendak menawarkan bantuan di mesin ATM,” himbau Dirkrimum. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com