JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Potensi Kerumunan Saat Libur Panjang Isra Miraj, Pemkot Yogyakarta Awasi Ketat Deretan Lokasi Ini

ilustrasi Malioboro / tribunnews
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah lokasi wisata di Kota Yogyakarta potensial mendatangkan kerumunan menjelang dan selama libur panjang Isra Miraj, 25 – 28 Februari 2022 mendatang.

Karena itulah Pemkot setempat memberikan pengawasan lebih ketat.

Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Kota Yogyakarta, Ricardo Putro Mukti Wibowo, berujar, beberapa lokasi rawan kerumunan yang mendapat perhatian khusus meliputi, kawasan Tugu Pal Putih, Malioboro, Titik Nol Kilometer, Alun-alun Utara, dan Selatan.

Baca Juga :  Dalam Dua Setengah Bulan, 56 Warga Sleman Terjangkit DBD

“Sama seperti akhir pekan kemarin-kemarin, personel kita turunkan semua, ada sekitar 150, disebar di beberapa titik. Tapi, tidak stay di situ, mobile, karena kami back up di Teras Malioboro I dan II juga,” katanya, Jumat (25/2/2022).

Nantinya, pemeriksaan acak terkait dokumen kesehatan, khususnya sertifikat vaksin Covid-19, bakal digulirkannya di objek-objek vital tersebut. Sehingga, wisatawan diharapkan patuh terhadap aturan PPKM yang masih berlaku.

“Karena sampai sejauh ini kan belum ada kebijakan untuk penutupan (destinasi), maksimal hanya pembatasan jumlah pengunjung. Jadi, pemeriksaan acak sudah pasti, akan kita lakukan selama long weekend,” tandas Ricardo.

Baca Juga :  Gagal Curi Motor di Rusunawa di Yogya, Remaja Asal Semarang Ini Diarak Massa ke Kantor Polisi

Di samping itu, ia juga menekankan pada seluruh pelaku usaha di Kota Yogya, agar tertib dalam penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Dalam artian, setiap pengunjung yang datang, harus dipastikan melakukan scanning barcode.

“Ya, aplikasi PeduliLindungi itu yang kami tekankan. Sudah kita cek kemarin, sebagian besar sebenarnya sudah (punya barcode), tapi penerapannya masih kendor, nggak semua pengunjung scan,” pungkasnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com