JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tips Menyimpan Madu Agar Selalu Terjaga Kualitasnya

Ilustrasi sarang lebah. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Madu telah lama digunakan untuk berbagai macam pengobatan karena mengandung banyak nutrisi. Seperti dikutip dari Medical News Today, madu merupakan cairan manis yang dihasilkan lebah dari nektar bunga.

Madu biasa dikonsumsi secara langsung maupun dicampur dengan minuman ataupun makanan. Madu akan tetap terjaga kualitasnya jika tepat cara menyimpannya, termasuk pemakaian wadah, sendok, tempat penyimpanan. Sebab cara menyimpan yang tak tepat, bisa mengakibatkan reaksi kimia dari kandungan madu. Akibatnya kualitas madu akan berkurang.

Bagaimana cara menyimpan madu?

Wadah kaca

Mengutip situs web Maes Honey, wadah kaca lebih bagus digunakan untuk menyimpan madu, daripada bahan logam. Sebab, bahan logam bisa menimbulkan reaksi oksidasi.

Wadah plastik juga dapat digunakan, tapi tidak penyimpanan dalam waktu yang lama. Sebab, wadah plastik sifatnya yang dapat berubah seiring waktu, karena akan melepaskan beberapa komponennya. Kemasan plastik juga tak dapat menahan perubahan suhu. Padahal, perubahan suhu yang akan memengaruhi kualitas madu.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Sedangkan wadah kaca sifatnya netral dan tak terpengaruh suhu panas. Itu sebabnya kualitas madu tetap terjaga jika disimpan dalam wadah kaca.

Ditutup rapat

Wadahnya ditutup rapat, karena madu sifatnya higroskopis kemampuan menyerap molekul air di sekitarnya. Kalau penyimpanan tidak rapat, maka tekstur madu akan menjadi encer. Itu juga akan mengubah rasanya. Sebelum menyimpan madu, penting memastikan wadah benar-benar kering. Kalau ada setetes air saja bisa merusak kualitas madu.

Suhu

Simpan yang jauh dari sumber panas, seperti kompor atau terkena langsung sinar matahari. Madu yang terkena panas akan menghitam. Khasiat antibakteri dan zat besi dalam madu juga akan rusak.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Tapi, tidak juga menyimpan madu dalam kulkas. Menaruh madu dalam kulkas justru mempercepat proses pengkristalan teksturnya. Sebaiknya madu disimpan dalam suhu ruangan yang tidak terlalu panas atau dingin.

Mengambil madu dengan sendok kering
Ketika mengambil madu memakai sendok yang kering. Sebab, itu termasuk cara menyimpan madu agar tetap terjaga kualitasnya. Penggunaan sendok yang basah bisa mengakibatkan kerusakan madu, sehingga mengurangi kualitasnya.

Tak terkena cairan lain
Cara menyimpan madu yang tepat menghindari risiko membuat madu tekena cairan lain. Itu sebabnya wadah harus ditutup rapat dan mengambil madu memakai sendok kering. Sedikit saja madu tercampur air akan menyebabkan reaksi fermentasi yang mengurangi kualitas.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com