JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kiamat Pekerjaan Operator Sudah Terjadi, Digantikan Sistem Digital, Tapi Jangan Berkecil Hati Bekali Diri Dengan ini

Job fair virtual Wonogiri 2021 di komplek GOR Girimandala Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Saat ini kiamat pekerjaan operator sudah terjadi.

Namun demikian tidak perlu berkecil hati, yang penting bekali diri dengan ketrampilan.

Kiamat pekerjaan operator itu terjadi di sejumlah sektor. Saat ini banyak pekerjaan yang sudah menerapkan sistem digitalisasi.

Alhasil pekerjaan operator itu tidak lagi menggunakan tenaga manusia, melainkan sistem secara digital.

Contoh pekerjaan operator yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia adalah operator pintu tol. Pekerjaan operator itu diambil alih sistem digital.

โ€œContohnya lagi aat ini di kota-kota besar banyak SPBU menerapkan pengisian bahan bakar secara otomatis. Jadi, pembeli langsung mengisi sendiri” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja atau Kepala Disnaker Wonogiri Ristanti baru-baru ini.

Baca Juga :  Daftar Objek Wisata di Wonogiri yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2024, ada Kuliner Juga Loh

Menurut dia, saat ini banyak mal-mal sepi. Karena adanya perubahan perilaku masyarakat yang semuanya menjadi berbasis digitalisasi dan otomatisasi.

Belanja lebih suka dari rumah dengan online. Mendaftar pekerjaan juga berbasis digital, tidak lagi datang membawa map berkas lamaran.

Ristanti mengatakan, setiap jenis pekerjaan di masa mendatang akan berbasis digital. Maka pihaknya berupaya menyiapkan basis digital untuk semua calon tenaga kerja terlebih dahulu.

Baca Juga :  Siap Digembleng 6 Bulan, Ratusan Guru Wonogiri Ikuti Progam Guru Penggerak Angkatan 10

Ristanti menilai, persentase pengetahuan dan keterampilan digital yang dikuasai calon tenaga kerja di Wonogiri belum besar. Pasalnya, masih ada kesenjangan antara standar kualifikasi dunia kerja dengan standar kualifikasi penyiapan calon tenaga kerja di sekolah-sekolah. Selain itu soft skill sangat penting, yakni berkarakter, disiplin, berkomitmen.

Dengan pemberian soft skill itu harapannya tidak ada lagi anak sekolah malas, bolos, nakal atau tidak buat tugas. Karakter itu harus dibawa sampai dunia kerja, karena itu yang dibutuhkan. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com