Site icon JOGLOSEMAR NEWS

Konflik Rusia-Ukraina Kian Mengkhawatirkan, 83 WNI Tiba di Indonesia dari Ukraina

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi / republika

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Invasi militer Rusia atas Ukraina berdampak pada banyak hal. Untuk mengantisipasi hal-hal buruk, banyak negara mengimbau warganya yang tiggal di Ukraina untuk pulang ke negara masing-masing untuk sementara waktu.

Demikian pula dengan Indonesia, di mana pada Kamis (3/3/20220) sebanyak 83 WNI kembali berhasil tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada pukul 17.13 WIB.

Mereka dijemput menggunakan pesawat Garuda Indonesia 7730.

Lewat akun Twitter resminya, Kementerian Luar Negeri memberikan informasi terkait pemulangan para WNI dari Ukraina.

“Sore ini, Menlu Retno menyambut kedatangan 83 evacuee dari Ukraina, termasuk tiga warga negara asing (WNA) keluarga dari WNI serta empat bayi. Semua dalam keadaan sehat,” tulisnya.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id melalui siaran langsung di akun Instagram Imigrasi Soekarno-Hatta, rombongan 83 WNI disambut langsung Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Setibanya di Indonesia, ke-83 WNI tersebut akan melakukan tes kesehatan dan pemeriksaan keimigrasian di terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.

Pada 24 Februari lalu, Rusia melancarkan serangan ke Ukraina. Itu merupakan buntut atas diabaikannya tuntutan Moskow tentang jaminan keamanan kepada Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Salah satu tuntutan itu adalah tak dirangkulnya Ukraina menjadi anggota dalam aliansi tersebut. Ichda Hanif Asshiddiqi

Exit mobile version