JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Raih 63 Medali Emas, MTsN 4 Sragen Raih Juara Umum Nasional Lomba Divya Competition 3.0 tahun 2022

Kepala MTsN 4 Sragen, Sumanto bersama perwakilan siswa peraih juara di ajang kompetisi Divya Competition 3.0 tahun 2022 di mana MTsN 4 Sragen meraih 63 Medali emas dan tampil sebagai juara umum. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Siswa-siswi MTsN 4 Sragen sukses menjadi juara umum Divya Competition 3.0 yang diselenggarakan oleh Divya Cahaya Prestasi.

Dalam kompetisi tersebut, siswa-siswi MTsN 4 Sragen memborong juara 1 dan 2 pada mata pelajaran Matematika dan juara 1 pada mata pelajaran Bahasa Inggris.

Divya Competition merupakan kompetisi akademik berskala nasional yang diadakan secara online, dengan mengujikan soal-soal mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS dan Bahasa Indonesia.

Pengumuman pemenang dapat diakses secara ini online melalui grup Telegram terkait dan instagram dan pada lomba Divya Competition 3.0 tahun 2022 ini diikuti 8112 peserta.

Rinciannya 1.192 peserta bidang Matematika, 1.863 bidang IPA, 1.740 bidang IPS, 1.532 bidang Bahasa Inggris dan 1.785 Bidang Bahasa Indonesia.

Kompetisi ini digelar untuk semua tingkatan baik SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA maupun Perguruan tinggi. Untuk tingkat SMP dan MTs dilombakan 5 mata pelajaran.

Dalam kompetisi tersebut, para siswa MTsN 4 Sragen memperoleh total 228 medali. Dengan rincian 63 medali emas, 88 medali perak, dan 77 medali perunggu.

Prestasi itu akhirnya menempatkan para siswa MTsN 4 Sragen sebagai peraih juara umum dalam ajang tersebut.

Koordinator lomba MTsN 4 Sragen, Suparmo dalam keterangannya mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan semua guru mapel yang dikompetisikan dan mereka telah menyeleksi para siswanya untuk mengikuti kegiatan bergensi itu.

“Kita menyiapkan kurang lebih 250 siswa untuk mengikuti ajang kompetisi secara online itu, sesuai dengan mata pelajaran yang telah disiapkan,” kata Suparmo kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (6/3/2022).

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Bintang Lima dan Terbaik TOP BUMD Awards 2024: Inilah Bukti Keunggulan RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen

Suparmo menjelaskan dari 5 mata pelajaran yang diikuti hampir semua siswa MTsN 4 Sragen sukses mencatat prestasi. Ada yang mendapatkan medali mas, perak maupun perunggu.

“Kami sangat bersyukur dan bangga dengan anak-anak kami, mereka begitu semangat belajar dan punya keinginan kuat untuk meraih yang terbaik. Hal ini tak lepas dari support dari kepala madrasah yang memberikan perhatian serius terhadap pengembangan potensi peserta didik, yang salah satunya melalui partisipasi di ajang kompetisi,” jelasnya.

Kepala MTsN 4 Sragen, Sumanto menunjukkan tropi juara umum di ajang kompetisi Divya Competition 3.0 tahun 2022 di mana MTsN 4 Sragen meraih 63 Medali emas dan tampil sebagai juara umum. Foto/Wardoyo

Sementara itu Kepala MTsN 4 Sragen, Sumanto, mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian yang cukup memuaskan ini.

Sumanto juga menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada anak-anak didiknya yang terus bersemangat dalam mengikuti kompetisi serta berhasil meraih prestasi.

“ Kami sangat bersyukur dengan semua ini, meski kami juga sadar bahwa masih banyak yang harus diperbaiki agar ke depan lebih meningkat lagi sesuai dengan slogan kami terus bergerak untuk yang terdepan dan memenuhi semua harapan masyarakat,” kata Sumanto.

Ia menegaskan bahwa prestasi siswanya itu merupakan jawaban dari apa yang diidam-idamkan oleh madrasah. Yakni tekad yang kuat setelah pandemi akan bergerak serentak membangkitkan niat untuk menggairahkan belajar guru dan siswanya.

“Capaian ini sebagai salah satu bukti nyata bahwa tekad keluarga besar MTsN 4 Sragen untuk bangkit pasca pandemi ini bukan isapan jempol semata. Gairah belajar anak-anak serta kinerja guru dan tenaga kependidikan setelah 2 tahun di masa pandemi. Secara perlahan mulai tumbuh, bahkan lebih baik dan berbuah prestasi yang sangat membanggakan,” tegasnya.

Baca Juga :  Terbaik, Bank Djoko Tingkir Sragen Tetap Konsisten Kembali Meraih Penghargaan TOP BUMD Tahun 2024 Golden Trophy

Sumanto juga menyampaikan apresiasi kepada para guru pendamping yang selama ini telaten membimbing dan mengarahkan anak-anak tanpa kenal lelah.

Menurutnya guru pendamping memiliki andil cukup strategis paling tidak para siswa yang mengikuti kompetisi itu dapat memiliki mental yang cukup, serta pengetahuan tambahan.

“Saya sangat memberi apresiasi pada seluruh guru pendamping yang telah sabar dan telaten mendampingi para siswa yang sedang mengikuti kompetisi itu, sehingga meraih prestasi yang memuaskan,” tuturnya.

Sementara, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Didik Hardi Handoko dan Warsana selaku Wakil Kurikulum bersama guru pendamping lainnya juga mengucapkan selamat kepada para siswa yang mendapatkan juara.

“Semoga dengan mengikuti berbagai macam lomba ini akan semakin meningkatkan prestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik. Kami bangga atas prestasi yang telah diperoleh dalam ajang kompetisi ini,” kata Didik.

Dia berharap ke depan para siswa untuk lebih bersemangat lagi mengikuti ajang-ajang seperti ini meskipun secara online.

Namun banyak ilmu yang dapat diperoleh, juga memiliki kemampuan IT yang lebih ketika harus beradaptasi dengan Komputer.

“Harapan kedepannya pada seluruh siswa MTsN 4 Sragen untuk lebih bersemangat lagi dalam mengikuti ajang kompetisi baik online maupun offline yang ada,” imbuhnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com