JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

Umbul Manten Klaten, Antara Mitos dan Mistis di Balik Keindahan dan Kejernihan Air Umbul

Suasana Umbul Manten Klaten. Foto: JSNews/Ando
   

 

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM –Siapa yang tak tahu umbul kemanten atau biasa disebut Umbul Manten, salah satu umbul yang berada di Klaten yang terkenal dengan airnya yang jernih dan bening.

Di balik keindahannya ternyata ada mitos dan kisah mistis yang diyakini warga sekitar. Siyamniatun, warga asli Kelurahan Wunut Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten mengungkapkan kisahnya.

Diketahui umbul ini tidak pernah dikunci saat malam hari. Dikarenakan masih ada aktivitas pada malam hari. “Ini gak ada tutupnya, malam gak dikunci kan malam ada orang berendam. Dari berbagai kota seperti Jogja ke sini kadang jam 1 malam, kadang juga jam 11 malam sampai sini. Itu sudah lama, biasanya untuk dapat keturunan. Sudah lama berumah tangga gak dikarunia anak. Berendam di sini,” ungkap Siyamniatun.

Orang yang berendam di umbul kemanten ini diceritakan Siyamniatun biasa dilakukan pada setiap malam Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon.

“Biasanya banyak yang berhasil juga, dapat keturunan. Namanya usaha. Biasanya datang di atas jam 24 atau pukul 00.00 WIB, terus subuh pulang. Omah-omah belum punya keturunan kungkum di sini banyak yang berhasil,” jelas Siyamniatun.

Di Umbul Manten sendiri juga berkembang sebuah legenda. Menurut Siyamniatun nama Umbul Kemanten sendiri tidak terlepas dari sepasang kekasih yang hendak melangsungkan pernikahan atau dalam bahasa jawa disebut manten.

“Jaman dulu itu ada sepasang calon pengantin. Sebelum 45 hari kan gak boleh kemana-mana, nah itu maen kesini. Lalu calon manten laki-laki dan perempuannya itu hilang semua. Pakaiannya masih tapi calo mantennya ndak ada,” terang Siyamniatun.

Dikatakan orang pintar, sepasang calon pengantin tersebut menjadi danyang (roh halus yang melindungi suatu tempat) umbul tersebut. “Kata orang pinter jadi penunggunta sini. Umbul Manten yang laki-laki dan Umbul Pelem yang perempuan,” kata Siyamniatun.

Hal itu menjadi legenda yang dikisahkan turun temurun. Kisah mitos sepasang calon pengantin yang hilang di umbul tersebut akhirnya juga menjadi bagian dari obyek wisata Umbul Manten ini. “Kisah itu turut mewarnai daya tarik wisata umbul ini. Ada yang percaya ada juga yang tidak,” katanya.

Untuk mencapai Umbul Manten ini tidaklah susah. Dari arah Kota Solo menuju jalur Solo-Jogja, kemudian sebelum Delanggu belok kanan menuju ke arah barat sekitar 3 kilometer maka sudah sampai di lokasi. Adapun lokasi Umbul Manten berada di di Desa Janti, Kecamatan Tulung, Klaten, Jateng.

Untuk masuk ke umbul ini, wisatawan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 6.000 untuk hari biasa dan Rp 10.000 untuk hari libur. Banyak wahana wisata yang dinikmati di sini mulai berenangdi kolam alami yang teduh, menyelam sambil berfoto di dasar kolam alami, terapi ikan, menikmati suasana alam dan lainnya. (Ando)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com