JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Akhirnya Obyek Wisata di Wonogiri Buka Selama Lebaran 2022, Waduk Pidekso Giriwoyo Jadi Prioritas

Waduk pidekso Giriwoyo Wonogiri
Bangunan utama Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Teka teki soal obyek wisata di Wonogiri buka atau tutup selama Lebaran 2022 terjawab sudah.

Ternyata obyek wisata di Wonogiri buka selama Lebaran 2022.

Hanya saja perlu adanya penerapan protokol kesehatan yang ketat di dalam lingkungan obyek wisata.

“Objek wisata sudah dipastikan buka,” kata Wabup Wonogiri Setyo Sukarno, kepada wartawan, Selasa (19/4/2022).

Menurutnya, berbagai persiapan akan dilakukan Pemkab Wonogiri untuk menghadapi lonjakan pengunjung wisata pada momen lebaran.

Diantaranya membangun posko pengamanan di Objek Wisata Gajah Mungkur dengan melibatkan berbagai pihak seperti SAR.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Yang perlu ada pemantauan lebih itu Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri. Karena saat ini menjadi objek wisata baru. Kemudian perangkat keamanan di sana belum maksimal,” ujarnya.

Setyo Sukarno mengatakan, Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri yang berlokasi di Kecamatan Giriwoyo itu perlu pemantauan kontrol keamanan lebih detail.

Berbeda dengan Waduk Gajah Mungkur yang sarana dan prasarananya sudah lengkap dan memadahi, dari sisi keamanan juga lebih baik.

“Secara resmi Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri belum ada pengelolanya. Sebab proyek itu belum diserahkan ke Pemkab Wonogiri. Namun faktanya sudah banyak orang yang berdatangan ke sana untuk berwisata,” bebernya.

Baca Juga :  Resep Opor Ayam Gurih, Hidangan Istimewa untuk Lebaran 2024

Ditambahkan, Pemkab Wonogiri bersama dengan jajaran Polres Wonogiri akan mendirikan posko pemantauan di area Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri, sebab wisata air dinilai lebih rawan, sehingga dibutuhkan pengawasan yang lebih ketat.

Terpisah, Camat Giriwoyo Fuad Wahyu Pratama menambahkan, berdasar hasil koordinasi dengan Pemkab dan Polres Wonogiri selama momen libur Lebaran, sarana wisata air diminta untuk dihentikan. Sebab, dari sisi perijinan maupun dari sisi kemanan belum ada jaminan.

Menindaklanjuti hal itu, kata Fuad, pihaknya kemudian melakukan koordinasi dengan pemerintah-pemerintah desa. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com